Awas Terkecoh! Ini Cara Membedakan Kabel Charger iPhone Asli Dan Palsu

Dewasa ini banyak sekali beredar kabel charger palsu, dari berbagai merek smartphone. Mulai dari merek terkenal seperti iPhone, sampai dengan merk yang murah. Kita sebagai pengguna iPhone harus lebih berhati-hati sebelum membeli kabel charger. Agar tidak terkecoh, inilah cara membedakan kabel charger iPhone asli dan palsu.

Banyaknya pembajakan aksesoris produk smartphone, memang tidak lepas dari harga produk asli yang harganya cukup mahal. Untuk itu ada beberapa oknum penjual yang dengan sengaja, menjual produk tiruan dari merek-merek ternama, agar bisa meraup untung lebih banyak. Meskipun jauh lebih murah, tapi kabel charger palsu akan cepat rusak, karena kualitasnya tidak memenuhi standarisasi.

Cara Membedakan Kabel Charger iPhone Asli Dan Palsu

Aksesoris iPhone seperti kabel charger, adaptor, hingga earphone, memang banyak dipalsukan, karena harga aksesoris iPhone yang asli bisa dibilang cukup mahal. Untuk itulah bagi kamu yang menggunakan produk iPhone, harus lebih teliti sebelum membeli aksesoris merek iPhone tersebut. Inilah cara membedakan kabel iPhone asli dan palsu.

1. Verifikasi logo Made For iPhone

kabel-charger-iphone-asli-dan-palsu

Apple mempunyai dua jenis standar dalam memproduksi aksesoris iPhone, yakni standarisasi produk yang dilakukan Apple sendiri, serta verifikasi aksesoris yang dibuat pihak ketiga. Dengan adanya verifikasi itu, aksesoris asli yang sudah memenuhi standarisasi akan diberikan tulisan “Made For iPhone”.

Logo Made For iPhone itu dapat kita temukan pada kemasan dari aksesoris untuk iPhone, seperti charger baterai, casing, dock atau speaker. Sementara kabel charger iPhone asli tidak diberikan tulisan Made For iPhone, jadi bila ada kabel iPhone dengan tulisan tersebut, sudah pasti barang palsu.

2. Designed by Apple in California

membedakan-kabel-charger-iphone-asli-dan-palsu

Ciri yang lainnya, kabel charger iPhone yang asli sudah pasti terdapat tulisan “Designed by Apple in California” atau “Assembled in China” yang ada di belakang kemasannya. Selain itu juga ada yang diberikan tulisan “Assembled in Vietnam” atau “Indústria Brasileira”. Jangan lupa untuk memastikan tulisan-tulisan tadi, juga dilengkapi dengan 12 digit nomor seri yang terdapat di kemasan.

3. Membedakan Lightning Port

kabel charger iphone asli dan palsu

Langkah berikutnya adalah, kita harus membedakan  Lightning Port pada kabel charger iPhone tersebut. Pada kabel asli terdapat garis-garis emas dengan tekstur halus serta pipih. Material kuningannya juga halus dan tidak terasa kasar seperti kabel charger palsu.

Selain itu, bila kita perhatikan ujung Lightning Port kabel charger iPhone yang asli, biasanya berwarna perak dan bergaris emas yang berkilau. Sementara kabel yang palsu, ujung Port-nya berwarna emas kehitaman.

Pada ujung port yang berbahan plastik, memiliki panjang dan lebar yang konsisten, dengan ukuran 7,7 mm x 12 mm. Sedangkan kabel charger palsu, panjang dan lebar port-nya tidak konsisten, cenderung lebih tebal atau lebih tipis.

Maraknya oknum yang ingin meraup banyak keuntungan dengan modal sedikit, menjadi penyebab banyaknya beredar smartphone replika beserta aksesorisnya. Kita sebagai konsumen harus lebih teliti, sebelum membeli produk smartphone dan aksesorisnya, baik itu merek iPhone, ataupun merek lainnya.

Itulah beberapa cara untuk membedakan kabel charger iPhone asli dan palsu, agar kita sebagai pengguna iPhone tidak mudah terkecoh. Bila kamu tertarik kamu juga bisa melihat berita terbaru dari iPhone S7 yang memiliki edisi spesial, atau spesifikasi produk iPhone lainnya.