Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10

Sistem operasi berbasis Windows pada komputer dan laptop, memang sering kali meminta pembaruan seperti auto update Windows. Pembaruan software pada sistem operasi memang dibutuhkan, untuk mencegah terjadinya bug. Selain itu, Windows update juga berguna untuk memberikan proteksi terhadap OS komputer, dari serangan virus yang dapat menginfeksi sistem.

Namun ada kalanya fitur auto update Windows itu justru menyusahkan penggunanya. Terutama bagi pengguna yang memiliki kuota internet tidak terlalu banyak, sementara total pembaruan Windows terbilang cukup besar. Hal ini sudah pasti akan menyedot kuota internet si pemilik komputer tanpa ampun.

Terlebih lagi, fitur auto update Windows tersebut berjalan di belakang layar, sehingga pengguna yang awam tidak akan menyadari adanya Windows update yang sedang berjalan. Jika pengguna memiliki akses internet yang tak terbatas, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi pengguna yang memiliki kuota internet terbatas, tentu akan menjadi masalah tersendiri.

Cara Mematikan Windows Update Pada Windows 10

6 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10
source: 2008php

Pada dasarnya fitur auto update Windows ini dapat dimatikan, ataupun dirubah pengaturannya, agar tidak melakukan update otomatis. Tapi konsekuensinya, sistem operasi pada komputer kita tidak akan up to date. Sementara bila ingin melakukan update Windows, kita harus melakukannya secara manual.

Sebenarnya tidak ada masalah jika kita melakukan Windows update secara manual. Tapi jika jumlah pembaruannya sudah menumpuk dan agak banyak, maka waktu yang dibutuhkan untuk update akan lebih lama. Selain itu, kuota internet yang digunakan juga lebih banyak.

Langkah-langkah mematikan Windows update

Agar lebih jelasnya, mari kita langsung saja praktikkan, cara mematikan Windows update pada Windows 10. Silahkan disimak dan diikuti langkah-langkahnya dengan benar.

  • Langkah pertama untuk mematikan fitur auto update Windows, kita harus buka Control Panel. Caranya, klik kanan pada Start Menu lalu pilih Control Panel.1 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10
  • Selanjutnya kita akan disuguhkan banyak pilihan, lalu pilih System and Security > Administrative Tools.2 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10
  • Setelah memilih opsi Administrative Tools, maka kita akan dibawa ke halaman yang berisi beragam tools, dan memiliki fungsi berbeda-beda. Kemudian cari shortcut Service, lalu klik dua kali shortcut tersebut.3 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10
  • Setelah membuka shortcut Service, maka kita akan disuguhkan banyak tools. Namun yang perlu kita cari hanya tools yang bertuliskan Windows Update. Klik dua kali pada tools tersebut, untuk dapat masuk kedalam Windows Update Properties.4 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10
  • Pada halaman properties ini, kita dapat mematikan fitur Windows update pada Windows 10. Caranya, pada menu Startup Type rubah menjadi Disabled, pada Service Status pilih Stop, terakhir klik tombol OK.5 Cara Mematikan Fitur Windows Update Di Windows 10

Sekarang fitur auto update Windows pada komputer dan laptop kita sudah dinonaktifkan. Jadi tidak akan ada lagi update Windows otomatis yang berjalan di belakang layar, yang bisa menyedot kuota internet cukup banyak.

Bila ingin mengembalikan fitur auto update Widows tersebut, agar dapat melakukan update secara otomatis. Maka kita hanya perlu mengikuti cara mematikan Windows update di Windows 10, yang tadi sudah dijelaskan. Hanya saja pada halaman Windows Update Properties, kita harus merubah pengaturannya ke posisi awal.