Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Di Play Store

Terkadang kita tidak menyadari, bahwa aplikasi yang terinstal pada hp android kita, melakukan update otomatis saat ada pembaruan. Hal ini tentu bisa memakan kuota data paket internet kita, terlebih lagi bila ukuran update aplikasinya cukup besar. Untuk itu kita akan membahas cara mematikan update otomatis aplikasi yang ada di Play Store.

Bila ada banyak aplikasi yang harus diperbarui, berarti dibutuhkan kuota internet yang besar dan cepat. Jika tidak, maka  kuota internet kita akan cepat habis, dan justru akan menyedot pulsa utama. Tentu saja kita tidak menginginkan hal itu terjadi, karena akan sangat merugikan bagi kita.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Di Play Store

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Di Play Store

Pada dasarnya Play Store memiliki fitur, yang memungkinkan kita untuk mematikan auto update aplikasi. Hal ini ditujukan untuk memberikan pilihan kepada pengguna, apakah ingin memperbarui aplikasi secara otomatis atau tidak. Jika pengguna tidak ingin aplikasinya diperbarui secara otomatis, maka pengguna bisa menonaktifkan fitur auto update tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas langkah-langkah mematikan fitur auto update pada Play Store.

Menonaktifkan fitur update otomatis Play Store

  • Pertama buka aplikasi Play Store, lalu buka Menu > Setting
  • Pada menu setting kita pilih  Auto-update Apps
  • Disitu kita akan menemukan 3 opsi
  • Untuk mematikan fitur auto update Play Store, kita bisa pilih opsi Do Not Auto-update Apps
  • Namun jika kita ingin aplikasi diperbarui otomatis ketika ada jaringan WiFi, kita bisa pilih opsi Auto-update Apps Over WiFi Only

Sekarang semua aplikasi yang ada pada smartphone kita, dan bersumber dari Play Store, tidak akan diupdate secara otomatis lagi. Dengan begitu kita bisa lebih menghemat kuota paket internet kita, terlebih bila ukuran aplikasi yang diupdate cukup besar.

Memperbarui aplikasi pada Play Store secara manual

Mematikan Update Otomatis Aplikasi Di Play Store

Ketika kita sudah menonaktifkan fitur Auto-update pada Play Store, maka kita tidak akan menerima notifikasi jika ada pembaruan aplikasi. Untuk itu kita harus mengaktifkan notifikasi pembaruan aplikasi tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

  • Masih di dalam aplikasi Play Store, buka Menu > Setting
  • Pada bagian Notification, disana tedapat dua opsi yakni App Update Available dan Apps Were Auto-update
  • Selanjutnya kita bisa ceklis opsi App update Available

Dengan begini, meskipun fitur auto update Play Store sudah kita matikan, tapi kita tetap akan menerima notifikasi jika ada pembaruan aplikasi.

Bila fitur update otomatis aplikasi sudah di matikan, dan notifikasi pembaruan aplikasi juga sudah diaktifkan. Langkah selanjutanya kita bisa memperbarui aplikasi secara manual, dan memilih aplikasi apa saja yang ingin kita perbarui.

Itulah cara mematikan update otomatis aplikasi pada Play Store, sehingga kita bisa lebih menghemat pemakaian kuota paket data.