Apakah Media Penyimpanan Cloud Cukup Aman?

Hadirnya teknologi terbaru seperti penyimpanan Cloud pastinya menimbulkan pertanyaan, apakah media penyimpanan cloud cukup aman? Karena masih banyak orang yang kurang percaya dengan sistem keamanan pada penyimpanan cloud. Terlebih lagi masih banyak pengguna yang senang menggunakan media penyimpanan dalam bentuk fisik.

Hal penting yang harus diperhatikan terkait penyimpanan cloud adalah, perihal keandalan dan keamanan yang dimilikinya. Karena file yang disimpan pada cloud, cukup penting bagi pengguna, dan penyedia layanan sudah sepatutnya memperhatikan hal tersebut.

Selain itu, bila perangkat yang digunakan untuk menyimpan file, mengalami kerusakan. Maka satu-satunya harapan pengguna adalah, back-up yang terdapat pada penyimpanan cloud. Sebab bila ternyata file yang disimpan di cloud juga hilang, maka pengguna akan kebingungan untuk mengembalikan data yang hilang itu.

Apakah Media Penyimpanan Cloud Cukup Aman?

media-penyimpanan-cloud-cukup-aman
source: netdna-cdn

Salah satu perusahaan penyedia layanan penyimpanan cloud yakni How Stuff Works menuturkan. “Perusahaan penyedia layanan cloud biasanya menerapkan tiga teknik keamanan, yaitu enkripsi, autentikasi, serta autorisasi”. Tiga teknik yang dilakukan penyedia cloud, ditujukan untuk memberikan pengamanan terhadap file atau data klien mereka.

  • Enkripsi, membuat data yang tersimpan di cloud, tidak bisa diakses oleh orang lain seperti peretas. Karena sistem cloud menggunakan algoritma khusus, sehingga informasi yang tersimpan di cloud tidak mudah untuk dibobol peretas.
  • Autentikasi, sistem keamanan ini menggunakan username dan password, untuk dapat mengakses file di dalam penyimpanan cloud.
  • Autorisasi, sistem keamanan ketiga ini berkaitan dengan izin akses, untuk bisa masuk ke dalam sistem tertentu berdasarkan wewenangnya. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses file di dalam penyimpanan cloud.

Meskipun sistem keamanan yang digunakan sudah cukup ketat, tapi tidak menutup kemungkinan akan terjadinya peretasan. Seperti beberapa waktu lalu terjadi pembobolan terhadap Apple iCloud, yang merupakan layanan penyimpanan cloud terkenal saat ini.

Mochammad James selaku Advisor Cloud Forum di Indonesia, menuturkan, “Kalau soal aman, pasti lebih aman penyimpanan di local disk. Tetapi di zaman mobile ini cloud based storage memberikan kemudahan dari sisi portabilitas”.

media penyimpanan cloud cukup aman
source: rabbitstatic

Bila kita menggunakan media penyimpanan berbentuk fisik, kita bisa memberikan pengawasan secara langsung pada data dan file yang tersimpan. Selain itu, jika menggunakan penyimpanan berbasis cloud, maka kita harus tunduk terhadap peraturan penyedia jasa.

Dari penjelasan di atas bisa dikatakan, media penyimpanan cloud cukup aman untuk menyimpan data. Tapi untuk kontrol file secara langsung, penyimpanan dalam bentuk fisik jauh lebih baik. Karena kita bisa menjamin keamanan file yang kita simpan. Sementara pada cloud, kita harus percaya pada keamanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

Namun bila kamu masih ada yang belum mengetahui seluk beluk seputar penyimpanan cloud. Kamu bisa baca artikel mengenal media penyimpanan cloud, tentunya agar kamu lebih memahami tentang penyimpanan berbasis cloud tersebut.