Manfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadget

51

TeknobosManfaat Detoks Digital, Ampuh untuk Atasi Kecanduan Gadget – Di era digital saat ini, kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengoperasikan perangkat digital daripada aktivitas lainnya, bukan?

Manfaat Detoks Digital

Sebut saja belanja online, nonton film, sistem navigasi, pelacakan di media sosial, chatting, semuanya bisa dilakukan lewat handphone. Ketergantungan yang meningkat pada perangkat digital sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Inilah sebabnya mengapa semakin banyak ahli kesehatan merekomendasikan detoksifikasi digital secara teratur. Berikut ini beberapa manfaat utama detoksifikasi digital dalam hidup. Biar tidak kecanduan!

1. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain untuk saat ini

Beberapa orang telah melihat – lihat setidaknya satu kali dan merasa hidup mereka kurang baik setelah melihat – lihat akun media sosial mereka. Foto-foto di media sosial membuat orang bertanya-tanya mengapa orang lain bisa menghabiskan liburan yang menyenangkan, tampil lebih menawan dan memiliki keluarga yang sempurna?

Ini karena banyak orang terbiasa membandingkan pengalamannya sendiri dengan orang lain. Namun, efek kumulatif dari pembanding ini dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental.

Oleh karena itu, detoksifikasi digital dapat membuat kita berhenti membandingkan hidup kita dengan orang lain setidaknya untuk jangka waktu tertentu. Dengan cara ini, kita memiliki kesempatan untuk memulihkan kesehatan mental.

2. Memutus siklus kebiasaan yang buruk

Bagi banyak orang, perilaku seperti mengecek ponsel atau perangkat digital lainnya sudah menjadi kebiasaan yang tidak disadari. Banyak orang melakukannya tanpa memikirkannya. Padahal, ini adalah kebiasaan yang tidak kita butuhkan, bahkan cenderung menjadi kebiasaan buruk.

Karena terkadang kebiasaan ini membuat kita merasa gatal dan sulit untuk mengecek ponsel, meski keadaannya tidak tepat, seperti saat rapat. Selain itu, jika setengah jadi, sulit untuk menghilangkan siklus buruk ini. Namun, berhenti sepenuhnya melalui detoksifikasi digital telah menciptakan kondisi yang sempurna bagi kita untuk akhirnya menghilangkan kebiasaan buruk ini.

3. Mengurangi kebiasaan multitasking

Memiliki ponsel di sekitar biasanya membuat kita mencoba beberapa aktivitas pada waktu yang bersamaan. Jika Anda tidak memiliki telepon, Anda akan secara otomatis fokus pada tugas yang ada.

Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, dan dalam banyak kasus, hasilnya jauh lebih baik dan lebih memuaskan daripada multitasking.

Baca juga : Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan