Ternyata Manfaat Bermain Game Sangat Menguntungkan

Manfaat bermain game telah diteliti oleh banyak ilmuwan dari negara-negara maju seperti Jepang maupun Amerika. Dalam penelitian itu, game terbukti membawa dampak positif bagi para pemainnya.

Tidak tanggung-tanggung, penelitian tersebut merupakan hasil dari ratusan ribu gamers yang tersebar diseluruh dunia. Jika ada orang bilang bahwa bermain game itu tidaklah ada manfaat, maka itu salah.

Bermain game dapat meningkatkan beberapa kebaikan individu yang memainkannya.

1. Belajar bahasa asing

manfaat bermain game

Img source: Pixabay

Game yang banyak digandrungi anak muda adalah game yang mayoritas diciptakan oleh produsen yang berasal dari Eropa maupun Amerika. Karena merupakan ciptaan negara lain, maka bahasa yang digunakan untuk mengoperasikan game pun mayoritas berbahasa Inggris.

Dengan sering bermain game, maka Anda juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Anda. hal ini dikarenakan Anda pasti akan mencari tahu arti-arti kata tersebut untuk melanjutkan permainan.

Dewasa ini, tidak sedikit anak muda yang bisa berbahasa Jepang atau bahasa lainnya hanya karena bermain game. Kemampuan bahasa ini bisa berguna untuk melatih kinerja otak dan bisa mempengaruhi masa depan individu.

2. Melatih otak

Sebenarnya, game yang diciptakan bukanlah hanya berupa sebuah game. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas game melatih kinerja otak untuk berfikir lebih cepat dan tepat. Selain itu, game sebenarnya melatih kinerja dan koordinasi otak kiri dan otak kanan. Hal ini biasa ditunjukkan dengan keterampilan tangan untuk memainkan game. Ini merupakan manfaat bermain game paling penting yang pernah diteliti.

Setiap permainan dalam game membutuhkan keputusan untuk menjalankan permainannya. Bahkan dalam level paling rendah pun, secara tidak langsung Anda akan berfikir untuk mrnghadapinya. Semakin besar levelnya, kinerja otak Anda akan semakin terlatih karena terbiasa berfikir.

3. Meningkatkan kemampuan belajar

Dalam bermain game, Anda pasti akan menemukan tantangan untuk dipecahkan. Kemampuan memecahkan masalah dan berfikir ini berkontribusi banyak terhadap gaya belajar Anda.

Game yang dapat membantu meningkatkan daya asah otak terbaik misalnya seperti game moba berikut ini:

  1. Vainglory
  2. Mobile Legends
  3. Heroes Evolved
  4. Mobile Arena

Semakin tinggi level sebuah game, Anda akan semakin terlatih untuk berfikir dalam memecahkan masalah. Beberapa orang genius juga diketahui adalah gamers.

Manfaat Bermain Game

Manfaat-Bermain-Game

Bermain game ternyata tidak selamanya buruk bagi beberapa orang, karena tergantung dari pembawaan mereka juga. Dalam bermain game, ada banyak orang yang mendapatkan pelajaran selain dari daftar diatas, seperti:

  1. Mengenal Solidaritas
  2. Memperkuat kerjasama tim
  3. Menjadi seseorang yang kuat dan gak mudah menyerah

Dengan demikian, bermain game bukanlah sesuatu yang salah dan merugikan. Perlu diperhatikan bahwa manfaat bermain game bisa Anda dapatkan jika Anda memainkannya dengan teratur, bagi kamu yang mau tau manfaat bermain offline game silahkan baca disini.