Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos

70

TeknobosLayanan Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos – Ruang penyimpanan tak terbatas yang disediakan oleh Google Foto akan berakhir pada Juni 2021. Dengan cara ini, semua foto yang diunggah oleh pengguna akan dihitung hanya dalam ruang penyimpanan gratis 15GB di Google Drive.

Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Selain Google Photos

Dengan kata lain, pengguna hanya punya waktu beberapa bulan untuk menikmati layanan penyimpanan foto yang disediakan Google secara gratis. Untungnya, ada alternatif seperti Google Foto yang menyediakan tempat menyimpan foto secara gratis. Berikut ulasannya.

1. Amazon Photos

Bagi mereka yang mencari alternatif tak terbatas, Foto Amazon adalah pilihan ideal. Lebih baik lagi, ini disertakan dalam paket perangkat lunak Amazon Prime.

Selain foto, pengguna juga bisa menyimpan video dan file lain di penyimpanan berbasis cloud ini, namun ruang penyimpanan versi gratisnya dibatasi hingga 5GB. Sama seperti Google Photos, Amazon Photos juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dalam kualitas asli dan secara otomatis menyelaraskannya, yang kemudian dapat dibagikan dengan anggota lain yang juga terdaftar dengan paket langganan yang sama.

2. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan populer yang juga dapat digunakan seperti Google Foto. Pengguna dapat secara otomatis melakukan sinkronisasi semua foto di ponsel melalui layanan ini.

Dropbox juga merupakan salah satu dari sedikit layanan penyimpanan yang paling terintegrasi dengan layanan pihak ketiga. Namun, versi gratis dari layanan ini terbatas. Pengguna hanya mendapatkan ruang penyimpanan 2GB, dan biaya perluasan kapasitas lebih mahal daripada pengguna lain. Meski begitu, tetap memiliki keamanan yang baik dan fungsi yang lengkap.

3. OneDrive

Langkah selanjutnya adalah raksasa besar lainnya, yaitu Microsoft. Karena integrasinya dengan aplikasi Office, OneDrive adalah layanan penyimpanan yang sering dipilih untuk bisnis, tetapi juga dapat menggantikan Foto Google. Pengguna dapat mengunduh aplikasinya di HP, dan OneDrive akan secara otomatis menyinkronkan foto yang ada ke cloud.

OneDrive bahkan memiliki galeri dengan tag, membuatnya lebih mudah untuk menemukan gambar. Seperti Dropbox, versi gratisnya terbatas dan hanya menyediakan 5GB untuk pengguna.

4. Mega

Mega adalah layanan penyimpanan yang mirip dengan Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Bedanya, Mega memberikan ruang penyimpanan yang lebih banyak yaitu 50GB. Ini 35GB lebih banyak dari kapasitas yang disediakan oleh Google Drive. Jika 50GB masih belum cukup, Anda selalu dapat memilih untuk meningkatkan kapasitas menjadi 2TB.

Mega sendiri memiliki UI yang bersih dan mudah dinavigasi. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada platform seluler seperti Android, dan meskipun sejauh ini masih terdapat beberapa masalah, Mega masih menjadi alternatif yang andal dan terjangkau untuk menyimpan foto secara gratis.

5. Flickr

Flickr adalah layanan penyimpanan foto, terutama untuk fotografer profesional atau amatir yang ingin mencari tempat untuk menyimpan dan berbagi foto berkualitas tinggi. Namun selain itu, pengguna biasa juga bisa menggunakan Flickr.

Flickr menyediakan sinkronisasi otomatis untuk semua foto pengguna, atau fitur unggah tunggal untuk pengguna yang hanya ingin menyimpan beberapa foto. Versi gratisnya dulu menyediakan ruang penyimpanan hingga 1TB, tapi sekarang lebih dibatasi karena pengguna hanya bisa menyimpan 1.000 foto.

Baca juga : Fitur Tersembunyi Microsoft Edge yang Orang Jarang Tahu