Google Chrome Mempunyai 4 Jenis Layanan yang Terbaik, Berikut Penjelasannya

Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka  yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta.

Lalu pada 11 Desember pada tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil. Bulan Januari 2012, Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut beberapa sumber.

Diatas adalah sejarah terbentuknya Google Chrome hingga saat ini yang masih sering kita pakai dalam melakukan aktifitas sehari-hari di Internet. Chrome sendiri mempunyai beberapa layanan yang juga memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda, dan tentunya layanan tersebut sangat bagus sekali.

Mungkin sebagian orang masih belum tau kalau buatan dari Google ini memiliki layanan yang tentunya sangat berguna buat kamu. Teknobos akan mengulas mengenai layanan apa saja sih yang dimiliki oleh Chrome.

4 Jenis Layanan Google Chrome:

  • Chrome Browser

web-browser-teknobos

Chrome browser ialah web browser yang terintegrasi dengan Google sebagai induk aslinya. Ketersediaan Chrome browser semakin memudahkan pengguna Google dalam berselancar di dunia maya. Hal inilah yang membuat Chrome nyaman digunakan terlebih jika login via Chrome maka secara otomatis semua aktivitas yang mengharuskan menggunakan akun Email Google akan tersinkronisasi dan enaknya lagi bisa dibuat personal web browser.

Web browser ini juga dapat digunakan multi platform mulai dari komputer, tablet dan handphone. Chrome sendiri memiliki kemampuan browsing yang cepat dibanding browser lainnya. Browser addressnya yang sekaligus berfungsi sebagai search engine, tentu ini merupakan fitur yang praktis dan istimewa.

  • Chrome Web Store

chrome-we-store-teknobos

Chrome web store adalah sebuah pasar Online dimana kamu dapat menemukan ribuan aplikasi, ekstensi dan thema untuk Google Chrome. Kamu dapat mencari berdasarkan kategori yang disediakan dan beberapa di antaranya gratis. Tujuannya selain dapat melakukan pencarian kamu bisa melakukan hal lain seperti bermain game, mengedit foto atau hal lain secara instan.

  • Chromebook

chromebook-teknobos

Kemudian inovasi mutakhir Google lainnya dalam hal Chrome yaitu Chromebook yang merupakan sebuah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan awan, memiliki yang terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan yang berlapis.

Sistem operasi ini model penyimpanannya berbasis cloud, tentunya yang terbaik dari Google dengan tingkat keamanan berlapis. Layanan aplikasi yang ingin digunakan bisa diunduh di Chrome Web Store. Beberapa aplikasi dapat digunakan secara offline seperti Gmail Office, Google Keep dan Google Drive. Aplikasi tersebut sesuai fungsinya setara dengan aplikasi bawaan Microsoft pada sistem operasi Windows.

  • Chromecast

chromecast-teknobos

Chromecast adalah sebuah adapter atau dongle HDMI yang biasa digunakan pada sebuah HDTV. Chromecast dibuat oleh Google dengan fungsi utama untuk streaming video atau music dari internet serta jelajahi internet. Ini berarti kita harus ada jaringan internet agar Chromecast dapat berfungsi.

Sederhananya, dengan Chromecast kita dapat membuat HDTV menjadi sebuah Smart TV. Chromecast dapat berjalan pada iPhone, iPad, Smartphone dan tablet Android, laptop Mac dan Windows, serta Chromebook.

Diatas merupakan keempat jenis dari Google Chrome yang kamu harus ketahui, tidak menutup kemungkinan kedepannya Google akan menambah fitur dari Chrome kembali. Fitur yang memiliki teknologi yang lebih keren lagi dan berguna buat kehidupan kita semua dalam melakukan apapun di Internet.