5 Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

Layanan Cloud Storage Gratis – Dewasa ini layanan penyimpanan file secara online, atau yang biasa disebut cloud storage memang banyak ditawarkan oleh para penyedia layanan tersebut. Para penyedia layanan cloud ingin menjadikan sistem penyimpanan file secara online ini, sebagai media penyimpanan di masa depan.

Metode penyimpanan berbasis online seperti ini memang tidak akan lekang dimakan waktu. Karena server yang digunakan untuk menyimpan semua data pengguna, akan dijaga dengan baik oleh penyedia layanan. Selain itu, mereka juga pastinya sudah memiliki langkah pengamanan, untuk mencegah hilangnya file-file milik klien mereka.

Berdasarkan pemakaiannya, jenis-jenis cloud storage sendiri dapat dibagi empat. Jenis-jenis cloud storage yakni Personal Cloud StoragePublic Cloud StoragePrivate Cloud StorageHybrid Cloud Storage. Semua jenis layanan penyimpanan cloud tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi untuk segi keamanan, Private Cloud Storage adalah yang paling aman.

5 Layanan Cloud Storage Gratis

Sebenarnya ada cukup banyak penyedia layanan penyimpanan cloud, dan kapasitas penyimpanan yang diberikan juga beragam. Layanan cloud yang ditawarkan juga ada yang gratis, tapi ada juga yang berbayar, tergantung dari layanan yang kita gunakan.

Kali ini kita akan membahas layanan penyimpanan cloud gratis terbaik, yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data penting milik kita. Berikut ini adalah 5 layanan cloud storage gratis:

1. Google Drive

google-layanan-cloud-storage-gratis
source: google drive

Cloud storage milik Google ini menawarkan ruang penyimpanan yang cukup besar, yakni 15GB yang bisa kita gunakan secara gratis. Tapi jika kita ingin membayar biaya berlangganan, maka kita bisa mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan hingga 10TB. Namun biasanya kapasitas sebesar itu digunakan oleh pengguna perusahaan. Jika untuk perorangan kita bisa memilih kapasitas 100GB seharga $1.99/bulan, atau 1TB seharga $9.99/bulan.

2. OneDrive

onedrive-layanan-cloud-storage-gratis
source: onedrive

Layanan cloud storage milik Microsoft ini menawarkan kita kemudahan dalam menyimpan data secara online. OneDrive memberikan kita kapasitas  sebesar 5GB secara gratis, namun kita juga bisa menambahkan kapasitas penyimpanannya. Pilihan paketnya mulai dari 50GB seharga $1.99/bulan, sampai dengan 5TB seharga $99.99/bulan.

3. Dropbox

dropbox-layanan-cloud-storage-gratis
source: dropbox

Layanan cloud storage gratis ini menawarkan kita ruang penyimpanan sebesar 2GB secara gratis. Namun kita bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan tersebut hingga 2TB, dengan membayar $15 setiap bulannya. Sejak beberapa tahun lalu layanan cloud storage terbesar ini sudah banyak penggunanya.

4. MediaFire

mediafire-layanan-cloud-storage-gratis
source: mediafire

Salah satu layanan cloud storage gratis terbesar lainnya adalah MediaFire, yang menawarkan kita 10GB ruang penyimpanan secara gratis. Mereka juga menawarkan layanan PRO bagi kita yang membutuhkan kapasitas lebih besar. Layanan PRO MediaFire dimulai dari harga $7.50 sampai $80 perbulan, dengan kapasitas ruang mencapai 1TB.

5. Box

box-layanan-cloud-storage-gratis
source: box

Box adalah layanan cloud storage dengan penawaran terbesar diantara penyedia cloud di atas. Karena mereka menawarkan 14 hari percobaan dengan kapasitas 100GB, bila kita tertarik meneruskan layanan tersebut, akan dikenakan biaya sebesar $6 perbulan. Namun harus ada 3 user yang didaftarkan untuk menggunakan layanan ini, sementara dengan harga tersebut kita bisa mendaftarkan sebanyak 5 user sekaligus.

Itulah 5 layanan cloud storage gratis terbaik yang bisa kita gunakan, untuk menyimpan file atau data kita secara online. Bila kamu masih ada yang belum memahami layanan cloud storage, kamu bisa baca artikel mengenal media penyimpanan cloud.

Beberapa orang mungkin bertannya, apakah sistem cloud storage cukup aman untuk file-file yang kita miliki? Tentu saja cukup aman, karena penyedia layanan sudah memastikan keamanannya. Mereka juga memiliki langkah pengamanan untuk menjaga file-file klien mereka agar tetap aman.

Selain itu kelebihan dan kekurangan menggunakan layanan cloud, sudah pasti ada. Tapi sebagai media penyimpanan secara online, cloud dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang menyukai fleksibilitas.

Penyimpanan cloud memungkinkan kita untuk mengakses file-file kapan saja, tanpa perlu membawa-bawa perangkat penyimpanan fisik. Kelebihan penyimpanan cloud adalah, bisa diakses menggunakan perangkat smartphone ataupun komputer dari manapun.