5 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress

310

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Teknobos.com – Tips Blogging – 5 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress – Jika dibandingkan 10 tahun yang lalu, dunia blogging telah mengalami kemajuan yang luar biasa. Pada awalnya mungkin kebanyakan orang memulai blog karena ingin mencurahkan pikiran melalui tulisan maupun gambar.

Baca juga  Kursus SEO di Serpong bersama tim Teknobos.

Sekarang ini blog telah berevolusi, menjadi tempat mencari informasi, hiburan, dan bahkan menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan.

Memilih CMS Terbaik

Menurut W3Techs, WordPress merupakan content management system (CMS) paling banyak digunakan dan memiliki market share yang paling tinggi dibandingkan CMS lain seperti Joomla, Drupal, dan Squarespace.

Banyak sekali website top dunia misalnya The New Yorker, BBC America, Tech Crunch, The New York Times yang berbasis WordPress, khususnya WordPress self-hosted.

Tahukah Anda bahwa ada 2 tipe WordPress yaitu WordPress.com dan WordPress.org? Meskipun sama-sama bernama WordPress, kedua nya bisa dibilang sangat berbeda. Dengan WordPress.org, Anda menghosting blog sendiri, sementara pada WordPress.com blog akan dihosting oleh WordPress.

WordPress.com

langkah mudah membuat blog menggunakan wordpress, kelebihan wordpress

WordPress.com memiliki 4 paket yang bisa dipilih yaitu gratis, pribadi, premium, dan bisnis. Jika dirupiahkan saat ini, maka harga paketnya berkisar mulai Rp 58.000 hingga Rp 362.000.

Kelebihan wordpress.com

● WordPress.com pas digunakan untuk blogger pemula yang ingin belajar, karena bisa mendapatkan ruang penyimpanan hingga 3GB.
● Mudah digunakan karena pengguna tidak perlu pusing memikirkan masalah update dan back up. WordPress yang akan mengurus hal tersebut.

Kekurangan wordpress.com

● Untuk paket gratis, Anda tidak bisa memiliki nama domain sendiri. Nama blog akan berupa subdomain WordPress.com misalnya sepatubagus.wordpress.com
● Blog dan konten blog bukan milik Anda, melainkan milik WordPress.com. Jika melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku maka bukan tidak mungkin blog akan dihapus.
● Tidak bisa install plugin dan tema secara bebas terutama untuk WordPress gratis. Anda hanya bisa memilih dari apa yang WordPress tawarkan.
● WordPress akan menampilkan iklan di blog tapi Anda tidak akan mendapatkan bagian. Jika ingin menghilangkan iklan tersebut dari blog maka Anda perlu melakukan upgrade.
● WordPress juga tidak memungkinkan Anda memonetisasi blog dengan bebas. Jika ingin menambahkan iklan dalam blog maka bisa mengikuti program WordAds, yang mana penghasilan yang didapatkan pun tidak sepenuhnya menjadi milik Anda. Anda harus berbagi revenue dengan WordPress.
● Tidak bisa menggunakan google analytics, kecuali Anda upgrade ke paket bisnis.

WordPress.org

langkah mudah membuat blog menggunakan wordpress dot org, kelebihan wordpress

Saat orang membicarakan tentang WordPress dan segala kecanggihannya maka WordPress.org yang dimaksud. Lebih dari 30% website diberdayakan oleh WordPress self-hosted ini.

Kelebihan WordPress.org

● Kontrol penuh terhadap blog dan segala data di dalamnya. Risiko blog dihapus atau hilang sangat kecil.
● Bebas menginstal dan memilih plugin, gratis maupun berbayar. Plugin membantu Anda untuk mengoptimalkan potensi WordPress.
● Kustomisasi yang tidak terbatas, dapat dengan bebas memilih dan menggunakan tema atau memodifikasi desain dan tampilan blog.
● Bebas memonetisasi blog sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus berbagi revenue dengan WordPress
● Bisa menginstall Google Analytics untuk keperluaan analitik dan tracking. Google Analytics memungkinkan pengguna memonitor perkembangan blog, dan membantu Anda menentukan tarif kerja sama jika dibutuhkan.

Kekurangan WordPress.org

● Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli hosting dan domain supaya bisa membuat dan menjalankan blog
● Tanggung jawab pengelolaan blog sepenuhnya berada di tangan pemilik blog terutama terkait update dan backup

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan masing-masing platform, bisa dilihat bahwa WordPress.org jauh lebih unggul dibanding WordPress.com.

Jika kita hitung, biaya untuk hosting dan domain akan lebih murah dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa upgrade WordPress.com.

Langkah Mudah Membuat Blog – Cara Membuat Blog WordPress Self-Hosted

Berikut ini langkah mudah membuat blog menggunakan WordPress Self Hosted.

1. Pilih Web Hosting

Langkah mudah membuat blog yang pertama. Anda perlu web hosting untuk memulai blog WordPress self hosted. Web hosting ibarat rumah untuk blog Anda, dimana semua data-data blog akan disimpan.

Ada banyak sekali web hosting di Indonesia, salah satu yang terbaik untuk WordPress self hosted adalah Hostinger.

Dengan lebih dari 29 juta pengguna di 178 negara termasuk Indonesia, Anda tidak perlu lagi dengan kehandalan Hostinger.

Hostinger memiliki 3 paket shared hosting yang bisa dipilih untuk siapa saja yang ingin memulai blog WordPress Self hosted.

harga paket web hosting Hostinger

Web hosting single cocok dipilih untuk Anda yang ingin belajar membuat blog. Paket ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan 10GB, bandwidth 100GB. Spesifikasi ini bisa dibilang lebih dari cukup untuk kebutuhan blog baru.

Seiring dengan perkembangan blog, maka biasanya dibutuhkan resources yang lebih besar pula. Anda bisa dengan mudah melakukan upgrade ke paket web hosting premium atau web hosting bisnis.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Hostinger

● Fitur web hosting unlimited untuk paket web hosting premium dan bisnis
● Domain gratis jika berlangganan selama setahun untuk paket web hosting premium dan bisnis. Tambahan gratis SSL untuk pelanggan web hosting Bisnis.
● Fitur web builder yang memudahkan Anda membuat website responsif, menarik, dan ramah SEO
● Bantuan customer support handal selama 24/7
● Control Panel yang mudah digunakan
● Instalasi WordPress 1 klik
● Jaminan 30 hari uang kembali

2. Register Domain

Langkah mudah membuat blog yang selanjutnya. Setelah menentukan web hosting pilihan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi domain. Untuk pemula biasanya akan lebih mudah jika menggabungkan web hosting dan domain di satu tempat.

Hostinger menawarkan banyak ekstensi domain yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, pengguna paket web hosting premium atau bisnis akan mendapatkan domain gratis. Hal ini tentu sangat menarik karena Anda bisa melakukan penghematan biaya yang lumayan besar.

Untuk mengetahui apakah nama domain yang diinginkan masih tersedia atau tidak, Anda bisa memanfaatkan fitur cek domain dari Hostinger.

cek domain hostinger

3. Install WordPress

Langkah mudah membuat blog selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menginstall WordPress di paket hosting Anda. Biasanya perusahaan hosting memiliki fitur Instalasi WordPress 1 klik untuk memudahkan pengguna dalam menginstall WordPress, termasuk Hostinger. Anda hanya perlu mengakses control panel, mengisi data-data yang diminta lalu klik install.

Untuk panduan lebih jelas tentang cara membuat blog dan menginstall WordPress, baca tutorialnya disini.

4. Pilih Tema

Tahap selanjutnya adalah memilih tema WordPress. Ada banyak sekali tema WordPress di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar.

Tema WordPress bisa diubah kapanpun, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Bisa dimulai dengan tema gratis dulu, jika kurang sesuai dengan topik blog, maka bisa menggunakan tema-tema premium atau bahkan mendesain sendiri tampilan blog.

Selain tema, Anda juga bisa menginstal plugin-plugin pendukung yang akan membantu optimasi WordPress, misalnya Yoast SEO, Jetpack, Akismet.

Jangan lupa untuk menambahkan Google Analytics ke blog Anda.

5. Mulai Blogging

Selesai memilih tema dan plugin, saatnya mengisi blog dengan konten-konten informatif dan menarik. Promosikan konten yang telah Anda buat ke sosial media seperti twitter, facebook, dan instagram serta forum-forum terkait.