Kalibrasi Baterai Smartphone Dengan 4 Langkah Mudah

Sebagai pengguna smartphone tentu saja kamu pernah merasakan, semakin lama baterai ponsel androidmu itu jadi cepat sekali habis. Meskipun kamu baru mengisinya hingga penuh, tapi tetap saja presentase baterainya cepat sekali menurun. Padahal di masa-masa pertama pembelian ponsel, baterainya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai smartphone dengan empat langkah mudah ini.

Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi pada baterai ponsel pintar bahkan untuk smartphone unggulan sekalipun, masalah pada baterai ini disebabkan karena pemakain baterai yang kurang wajar. Seperti pengisian beterai yang tidak benar, dan pemakaian aplikasi atau widget yang bisa membuat boros baterai smartphone.

Ada beberapa indikasi yang bisa menjadi parameter, untuk mengetahui baterai smartphone sehat atau tidak:

  • Indikator baterai pada status bar menunjukkan baterai cepat sekali berkurang, sekalipun ponsel sedang tidak digunakan.
  • Indikator baterai juga sering naik turun sendiri, contohnya posisi indikator menunjukan angka 55%, beberapa menit kemudian naik menjadi 60% dan turun lagi menjadi 50%.
  • Saat sedang melakukan pengisian daya, icon petir yang menunjukan sedang berlangsungnya pengisian daya sering hilang dan muncul sendiri.

Langkah Mudah Kalibrasi Baterai Smartphone

kalibrasi-baterai-smartphone

Untuk mengatasi masalah pada baterai ponsel android ini, ada empat langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kinerja bateraimu. Namun cara ini bisa dilakukan hanya untuk baterai yang masih sehat, dalam artian tidak bocor atau kembung. Berikut tahapan yang bisa kamu lakukan:

  1. Lakukan pengisian baterai saat ponsel dalam keadaan meyala, isi daya hingga mencapai 100%. Bila sudah penuh cabutlah kabel charger kemudian matikan perangkat selular itu.
  2. Masih dalam keadaan mati, charge kembali ponselmu hingga indikatornya menunjukan benar-benar penuh 100%. Setelah itu nyalakan lagi smartphone kamu.
  3. Setelah menyala kembali, silahkan kamu gunakan ponselmu sampai baterainya benar-benar habis dan smartphone mati sendiri.
  4. Setelah ponsel tersebut mati sendiri, masih dalam keadaan mati silahkan charge kembali smartphone kamu hingga penuh.

Setelah keempat langkah di atas kamu terapkan, secara otomatis proses kalibrasi baterai smartphone milikmu sudah selesai. Bila baterai ponselmu sudah dikalibrasi, semoga masalah pada bateraimu sebelumnya tidak terjadi lagi dan baterai ponselmu kembali sehat.

mempercepat pengisian baterai
Baca juga:
4 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone
Note: Untuk menjaga kesehatan baterai agar masa pemakaiannya tetap awet, pastikan kamu mematikan smartphone saat proses pengisian daya sedang berlangsung. Dan jangan menggunakan ponsel untuk bermain game, atau mendengarkan musik saat sedang di-charge.