Langkah Mudah Cara Membuat Hotspot Di Laptop

296

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jaman sekarang, semuanya serba canggih dan manusia menginginkan semuanya yang serba praktis termasuk cara membuat hotspot di laptop. Cara ini adalah salah satu yang sangat didambakan bagi kebanyakan anak muda yang tidak ingin repot dengan urusan Wi-Fi. Lebih menyenangkannya lagi Anda dapat melakukannya tanpa bantuan software, tentu saja akan lebih menghemat waktu dan tenaga bukan?

Tanpa bantuan software yang dimaksud di sini adalah hanya dengan memaksimalkan fitur bawaan windows saja. Tentu Anda tidak perlu kerepotan melakukan setting bermacam-macam sebagai cara membuat hotspot di laptop. Cukup dengan mengandalkan laptop dan juga windows 7, harapan untuk memiliki hotspot sudah di depan mata.

cara membuat hotspot di laptop - tips

Langkah cara membuat hotspot di laptop

  1. Siapkanlah laptop dengan wireless atau koneksi internet melalui modern ataupun LAN
  2. Langkah pertama, buka Command Prompt (CMD) dengan memilih cara menggunakannya Mode “Run as administrator”
  3. Selanjutnya Anda harus meyakinkan dan mengecek apakah wireless yang dimiliki support untuk menjalankan virtual access point (VAP)
  4. Untuk mengeceknya, silahkan ketikkan netsh wlan show drivers di dalam CMD
  5. Nantinya akan muncul tulisan berwarna kuning, apabila bertuliskan No, maka Anda harus mengetikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow
  6. Kemudian lakukan pengecekkan lagi,apabila masih juga belum bisa berarti laptop Anda tidak support.
  7. Namun apabila berhasil, Anda dapat segera mengaktifkan dan membuatkan nama untuk wifi Anda (SSID) lengkap dengan passwordnya.
  8. Cobalah ketikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=…. (isi dengan nama SSID yang Anda inginkan) key=….. (isi dengan password yang sudah Anda tentukan)
  9. Selanjutnya aktifkan wireless dengan mengetik netsh wlan start hostednetwork, selanjutnya VAP akan berjalan dengan sendirinya
  10. Saat ini Wireless sudah dalam keadaan aktif, tetapi masih belum bisa digunakan karena belum ada sinyal internet.
  11. Untuk menghubungkannya, lihatlah opsi “Local Area Connection” yang merupakan koneksi internet utama, dan “Wireless Network Connection 2” adalah Wireless Anda buat
  12. Lakukan klik Local Area Connection > Properties > Tab Sharing > (berilah tanda centang kedua kotak) pilih nama wireless yang sudah dibuat.

 

Nah, sekarang Anda sudah bisa menikmati hotspot lewat cara membuat hotspot di laptop. Cukup panjang langkahnya, namun Anda pasti bisa melakukannya asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Selamat mencoba.

Baca juga tips komputer lainnya.