Kuota Internet 4G Lebih Cepat Habis! 4 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Seperti yang kita ketahui bersama, jaringan 4G pastinya lebih cepat dibanding jaringan 3G. Sejak jaringan 4G dikembangkan di Indonesia, banyak provider selular seperti Telkomsel, Indosat dan XL berlomba untuk mengunggulkan kecanggihan dari teknologi LTE ini. Kesemua provider itu menawarkan kuota internet 4G lebih banyak dibanding 3G, dan bahkan mereka menawarkan dengan harga yang lebih murah.

Pastinya para pengguna smartphone pernah bertanya-tanya, kenapa kuota internet 4G lebih cepat habis? Padahal kita baru saja mengisi ulang paket datanya, tapi  dalam waktu bebrerapa hari sudah habis lagi. Hal itu tentu saja membuat kita bingung dan kesal, karena harus beli paket data internet lagi.

Penyebab Kuota Internet 4G Cepat Habis

Mungkin para pengguna ponsel android tidak menyadari. Bahwa semua aktifitas serta kebiasaan mereka ketika menggunakan smartphone, juga bisa menjadi penyebab kuota internet mereka cepat habis. Sering streaming musik atau video online, bermain game online dan aktifitas semacamnya dapat menyebabkan kuota internet cepat sekali habis.

Karena melihat banyaknya pengguna smartphone yang mengeluhkan, kuota internetnya cepat habis. Berikut ini TeknoBos akan memberikan bocoran, beberapa hal yang menjadi penyebab kuota pada jaringan internet 4G cepat habis.

1.Browsing lebih lancar menggunakan 4G

browsing-lancar-kuota-internet-4g

Ketika kita browsing di dunia maya menggunakan jaringan 4G, tentu saja terasa lebih cepat dibanding jaringan 3G. Saat asik berselancar di internet pastinya kita tidak sadar sudah cukup banyak kuota yang kita habiskan, padahal jaringan 4G LTE yang cepat itu bisa memakan kuota lebih banyak ketika memuat sebuah halaman situs.

2.Kualitas video saat streaming lebih bagus

Kualitas-video-kuota-internet-4g

Saat ini semua orang lebih memilih menyaksikan tayangan hiburan melalui smartphone, dengan streaming video melalui Youtube atau situs lainnya. Kebiasan ini juga menyebabkan kuota internet jadi cepat habis, karena pada jaringan 4G kualitas video yang ditampilkan jauh lebih bagus serta jernih. Kualitas video yang bagus seperti itu, dapat meyedot kuota internet lebih cepat dari biasanya.

3.Trasnfer data lebih cepat dibanding 3G

transfer-data-cepat-kuota-internet-4g

Trasnfer data pada jaringan 4G memang lebih cepat, sehingga membuat pengguna terlena karenanya dan tidak sadar sudah berapa kuota yang mereka habiskan. Jaringan 4G LTE sudah menggunakan frekuensi dan intervensi yang lebih rendah serta efisien jika dibandingkan dengan 3G. Oleh karena proses transfer data pada 4G lebih kencang, jadi membuat kuota internet di jaringan 4G LTE lebih cepat habis.

4.Kuota internet 4G lebih banyak

kuota-4g-melimpah-kuota-internet-4g

Seperti yang kita ketahui bahwa provider selular menawarkan kuota 4G lebih banyak dibanding 3G, mereka semua memberikan penawaran bonus kuota besar-besaran pada jaringan 4G. Sementara kita sebagai pengguna smartphone melihat bonus 4G yang cukup banyakseperti itu, membuat kita semakin semangat menghabiskan kuota tersebut. Hal inilah yang juga membuat kuota 4G kita cepat habis, karena kita tidak memperdulikan sisa kuota yang kita miliki.

cara-menghemat-kuota-internet
Baca juga:
Trik Jitu, 5 Cara Menghemat Kuota Internet 4G, H++, 3G

Sekarang kamu sudah mengetahui penyebab dari kuota internet 4G lebih cepat habis, meskipun bonus yang diberikan pihak provider terbilang cukup banyak. Usahakan untuk tidak terlalu sering streaming video baik itu melalui Youtube, ataupun situs video online lainnya agar kuota internet kamu tidak cepat habis. Jika memang ingin streaming lebih baik menggunakan wifi saja.