Komputer Restart Sendiri: Faktor dan Cara Mengatasinya

430

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sebagian pemilik laptop atau komputer biasanya mengalami kasus dimana komputer restart sendiri. Hal ini biasanya terjadi berulang-ulang dalam waktu tertentu. Masalah ini bisa dianggap sebagai masalah serius karena selain mengganggu, ternyata mempunyai faktor yang tidak biasa.

Ketika komputer atau laptop kamu tiba-tiba restart tanpa kamu komando, kemungkinan besar ada masalah pada salah satu hardware laptop. Kamu harus memperhatikan beberapa faktor yang mungkin menjadi actor dibalik restartnya komputer. Berikut ini informasinya.

komputer restart sendiri - Tips

Faktor penyebab komputer restart sendiri terus

Komputer yang bisa restart dan terjadi secara tiba-tiba dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor temperature. Temperature yang sangat tinggi pada komputer akan memicu komputer untuk restart meski tidak ada perintah dari penggunanya.

Daya listrik juga terkadang menjadi faktor restartnya komputer. Lonjakan aliran listrik yang terjadi secara tiba-tiba serta tidak stabilnya aliran listrik mampu memicu komputer untuk melakukan restart. Hal ini perlu kamu perhatikan karena listik yang melonjak atau tidak stabil bisa merusak komponen didalam laptop.

Selanjutnya, prosesor dan hardisk menjadi pemicu yang juga diketahui mempengaruhi kasus komputer restart terus menerus. Processor biasanya akan memerintah sistem untuk menjalankan restart jika suhu terlalu berlebihan atau overheating. Namun ada alasan lain mengapa processor masuk dalam kategori faktor. Itu adalah karena isothermal processor yang sudah tidak menunjukkan performa yang biak. Hal ini terjadi karena proses penyaluran panas yang telah terlalu sering dilakukan.

Yang terakhir adalah software yang tidak cocok untuk diinstall di komputer kamu. Jika tidak cocok, maka sistem tidak akan jalan sehingga menimbulkan reset otomatis untuk menjaga sistem laptop tetap jalan.

Solusi Atasi Komputer Restart Sendiri

Untuk mengatasi komputer dan laptop yang restart sendiri, kamu bisa mengecek terlebih dahulu apa penyebabnya seperti yang disebutkan di atas, baru kemudian mencari solusi.

Contohnya adalah jika faktor komputer sering restart adalah karena temperature yang selalu panas, kamu bisa mengatasinya dengan membeli kipas khusus untuk hal ini. Kipas akan membantu untuk mendinginkan komputer. Pengurangan aplikasi yang dibuka juga akan membantu.

Jika komputermu masih sering mengalami hal tersebut meskipun telah dilakukan berbagai cara untuk mencegahnya, maka sebaiknya kamu membawanya kepada ahli komputer untuk mengatasi komputer restart sendiri.

artikel terkait tips komputer lainnya.