Keuntungan Menggunakan Teknologi Biometrik

Teknologi biometrik saat ini banyak digunakan, untuk mendapatkan akses ke dalam perangkat smartphone. Mulai dari pemindaian sidik jari, retina mata, suara, sampai dengan pengenalan raut wajah seseorang. Ada beberapa keuntungan bila kita menggunakan teknologi biometrik pada smartphone milik kita.

Selain lebih mudah, pastinya  juga lebih akurat bila kita menggunakan sistem keamanan berbasis biometrik. Oleh karena itu banyak perusahaan teknologi saat ini, yang menggunakan teknologi tersebut sebagai sistem keamanan. Produk elektronik saat ini juga sudah banyak yang memakai teknologi biometrik, seperti smartphone dan komputer.

Teknologi pemindai bagian tubuh ini memang mencerminkan, semakin majunya perkembangan teknologi saat ini. Hal ini juga didorong oleh banyaknya pembobolan suatu sistem, yang masih menggunakan sistem keamanan menggunakan kombinasi password. Sementara bila menggunakan teknologi pemindaian bagian tubuh, sistem keamanannya akan sulit untuk dibobol.

Keuntungan Menggunakan Teknologi Biometrik

Teknologi biometrik adalah suatu teknologi yang memanfaatkan bagian tubuh manusia, untuk mendapatkan akses ke dalam suatu sistem perangkat lunak. Agar bisa mendapatkan akses tersebut, biasanya bagian tubuh seperti sidik jari, mata dan wajah akan dilakukan pemindaian terlebih dahulu.

keuntungan-menggunakan-teknologi-biometrik

Bagian tubuh manusia yang sudah digunakan dalam teknologi ini antara lain, retina mata, raut wajah, sidik jari, serta suara. Dengan menggunakan bagian tubuh manusia, tentu saja dapat meminimalisir pembobolan suatu sistem keamanan. Karena karakteristik tubuh manusia bersifat unik, jadi tidak akan mungkin untuk dipalsukan.

Teknologi biometrik ini juga bisa memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya, di antaranya adalah.

1. Dapat melakukan identifikasi dengan akurat

Bila kita menggunakan teknologi pemindaian bagian tubuh manusia, tentu saja hasil informasi pribadi seseorang yang didapatkan akan lebih akurat. Metode ini sudah banyak dimanfaatkan apabila kita ingin membuat E-KTP, SIM, Paspor, ataupun SKCK.

2. Memudahkan penggunanya

Smartphone yang sudah mendukung teknologi biometrik akan lebih mudah diakses oleh penggunanya. Karena pengguna hanya perlu menempelkan sidik jarinya pada pemindai, maka layar smartphone akan langsung terbuka. Berbeda bila kita masih menggunakan password, kita harus memasukan kombinasinya terlebih dahulu, itupun masih ada kemungkinan salah memasukan password.

3. Sulit untuk dipalsukan

Karakteristik tubuh manusia yang bersifat unik, tentu akan sangat sulit untuk dipalsukan. Oleh karena itu, sistem keamanan yang menggunakan teknologi biometrik akan sulit dibobol. Karena tidak akan mungkin kita bisa membuat sidik jari dan retina mata seseorang dengan sama persis.

Para produsen smartphone dan komputer saat ini, banyak yang sudah menyematkan teknologi tersebut ke dalam produk buatan mereka. Hal itu mereka lakukan agar sistem keamanan, pada smartphone buatan mereka tidak mudak diretas. Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan bila menggunakan teknologi biometrik, selain lebih mudah pastinya juga akan lebih aman.