Keunggulan Signal Dibandingkan dengan WhatsApp

53

TeknobosKeunggulan Signal Dibandingkan dengan WhatsApp – Kontroversi dari kebijakan privasi yang akan diberlakukan oleh WhatsApp terus berlanjut. Sebelumnya, aplikasi tersebut melaporkan bahwa data pengguna juga akan dibagikan dengan perusahaan induknya Facebook. Karena menimbulkan protes, WhatsApp menunda penerapan kebijakan ini.

Keunggulan Signal Dibandingkan dengan WhatsApp

Meski begitu, nasi sudah jadi bubur. Banyak pengguna telah beralih ke aplikasi chatting lain. Salah satu tujuannya adalah Signal, direkomendasikan oleh CEO Tesla Elon Musk.

Tetapi apakah Signal lebih baik daripada pesaing? Untuk menjawab pertanyaan ini, Signal memiliki beberapa keunggulan dibandingkan WhatsApp!

1. Signal dibangun dengan mengutamakan keamanan pengguna

Jika Anda belum kenal dengan Signal, aplikasi ini dikembangkan oleh seorang peneliti keamanan dunia maya bernama Moxie Marlinspike. Oleh karena itu, ia sangat mementingkan keamanan pengguna dunia maya.

Selain itu, Signal selama ini dimiliki oleh organisasi nirlaba, sehingga kemungkinan penyalahgunaan datanya sangat kecil. Berbeda dengan WhatsApp milik Facebook. Perusahaan ini dikenal gemar mendapatkan data pengguna untuk para pengiklan.

2. Signal menawarkan enkripsi total yang lebih aman

Hal yang hebat tentang Signal adalah ia menggunakan teknologi enkripsi yang disebut “Signal Protocol”. Ini adalah sistem yang menyediakan enkripsi eend to end untuk semua fiturnya. Apa artinya?

Oleh karena itu, Signal memakai enkripsi sepenuhnya. Tidak hanya untuk mengobrol, tetapi juga untuk melakukan panggilan melalui aplikasi. Artinya tidak ada pihak lain yang dapat membaca pesan dan mendengarkan obrolan tersebut kecuali Anda dan orang lain yang sedang terlibat. Pihak dari Signal juga tidak dapat mendeteksinya.

Menariknya, Anda juga bisa mengatur batas waktu pengiriman surat. Setelah batas ini terlampaui, pesan akan otomatis dihapus sehingga orang lain tidak dapat membacanya.

3. Bersifat open-source agar pengguna percaya pada enkripsinya

Signal hadir dengan konsep yang jarang digunakan dalam aplikasi obrolan lainnya. Mereka memiliki lisensi open source. Ini berarti bahwa pengguna dapat melihat pengkodean dan berbagai pengaturan sinyal, sehingga Anda dapat memeriksa apakah mereka benar-benar dienkripsi.

Banyak pakar teknologi telah memeriksa lisensi open source ini. Mereka bahkan diizinkan untuk menguji enkripsi sehingga pengguna benar-benar dapat mempercayai keamanan Signal.

4. Video call yang terenkripsi

Video call merupakan salah satu layanan aplikasi chat yang dibutuhkan komunitas saat ini. Karena inilah “jalan ninja” untuk bertemu orang lain tanpa keluar rumah. Namun yang menjadi permasalahan adalah layanan tersebut seringkali disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Karenanya, Signal baru-baru ini meluncurkan fitur panggilan video yang sepenuhnya terenkripsi, yang hanya dapat digunakan oleh Anda dan orang yang diundang. Sayangnya, saat ini video call grup dibatasi hingga lima peserta.

Baca juga : Cara Hemat Paket Data di iPhone, Ga Takut Kuota Habis