Kesalahan Pengguna Smartphone Yang Sering Dilakukan

Belakangan ini jumlah peredaran smartphone semakin meningkat, dan semakin banyak pengguna smartphone yang bertambah setiap bulannya. Hal itu dapat dilihat dari keseharian teman maupun orang-orang di sekitar kita. Dimana saat ini banyak bisa kita temukan, satu orang bisa memiliki dua buah smartphone, atau bahkan lebih dari itu.

Hal ini menunjukan bahwa smartphone sudah menjadi barang yang cukup penting bagi masyarakat modern. Fenomena ini terjadi bukan tanpa alasan, seperti yang kita ketahui bahwa fungsi smartphone lebih dari sekedar alat komunikasi. Dengan menggunakan ponsel pintar, kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

Kita bisa membuka internet dari smartphone, untuk membaca berita, mencari resep masakan, atau bahkan mencari rekomendasi tempat wisata. Selain itu, smartphone juga banyak digunakan untuk membuka media sosial, bermain game, maupun menonton fillm.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Smartphone

Pengguna ponsel pintar, atau yang biasa disebut dengan smartphone memang sangat banyak. Tapi sayangnya cukup banyak juga yang kurang memperhatikan kesalahannya saat menggunakan smartphone. Tanpa disadari, sebenarnya ada beberapa kebiasaan buruk pengguna smartphone yang sering dilakukan.

Kesalahan pengguna ini harusnya menjadi perhatian khusus, agar tidak berdampak buruk terhadap ponsel android kita sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama kesalahan pengguna hp android yang umum dilakukan.

1. Smartphone baru, dicas menggunakan Powerbank

powerbank Kesalahan Pengguna Smartphone

Kesalahan pengguna smartphone yang cukup sering dilakukan adalah, mengisi daya baterai hp baru dengan powerbank. Perlu diketahui, tegangan yang dihasilkan oleh powerbank tidak selalu stabil, terkadang besar tapi kadang juga bisa kecil.

Bila smartphone masih dalam kondisi baru, ada baiknya jangan dicas menggunakan powerbank. Karena ketidak stabilan tegangan tersebut, dapat berdampak buruk bagi baterai ponsel kita. Ponsel android yang masih dalam kondisi baru sebaiknya dicharge langsung ke stopkontak.

2. Menggunakan charger palsu

charger Kesalahan Pengguna Smartphone
source: photobucket

Menggunakan charger palsu juga merupakan kesalahan, yang paling umum dilakukan oleh pengguna smartphone. Dengan alasan lebih murah, biasanya pengguna hp android lebih memilih untuk membeli charger hp palsu. Sementara aksesoris charging yang bukan original, tidak terjamin keamanannya.

Jadi meskipun lebih mahal, lebih baik kita membeli charger original untuk smartphone kesayangan kita. Hal ini wajib dilakuakan, agar usia baterai dan masa pemakaian ponsel kita juga tetap awet. Tapi ada baiknya kita untuk menjaga dan merawat charger hp agar tidak rusak, dan tidak perlu membeli yang baru.

3. Menginstal aplikasi bajakan

aplikasi Kesalahan Pengguna Smartphone
source: androidauthority

Tidak sedikit pengguna smartphone, yang sering kali menginstal aplikasi bajakan dari sumber yang tidak jelas. Sebenarnya aplikasi semacam ini, dapat membahayakan keamanan perangkat ponsel kita sendiri. Karena aplikasi tersebut tidak bersumber dari penyedia aplikasi resmi.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, yang disebabkan oleh menginstal aplikasi bajakan. Maka biasakanlah untuk download dan instal aplikasi android, secara resmi dari penyedia yang terpercaya. Dalam hal ini, Google Play Store bisa menjadi pilihan kita untuk mengunduh aplikasi android.

4. Malas update sistem operasi

update Kesalahan Pengguna Smartphone

Kebiasanya buruk lainnya, yang sering dilakukan pengguna smartphone adalah, malas untuk melakukan update sistem operasi android-nya. Untuk melakukan pembaruan OS android, memang biasanya dibutuhkan kuota internet yang cukup besar. Hal inilah yang menjadi penyebab, pengguna jadi malas untuk update sistem operasi android.

Padahal pembaruan yang dilakukan terhadap sistem operasi android kita, dapat mencegah dari terjadinya bug. Jadi ada baiknya, jika diminta untuk update OS android pada smartphone kita, maka kita ikuti petunjuk yang terdapat pada layar ponsel.

5. Melakukan root android

root Kesalahan Pengguna Smartphone
source: androidcentral

Terakhir, kesalahan yang cukup sering dilakukan pengguna smartphone adalah, melakukan root android pada smartphone. Karena aktifitas root android, akan membuka akses admin dan mengabaikan permisi untuk bisa mengakses file sistem.

Selain itu, dari beberapa kasus root android yang pernah dilakukan, mayoritas smartphone yang di-root justru berakhir dengan kerusakan sistem operasi maupun ROM-nya. Jadi lebih baik kita jangan melakukan root android pada smartphone kita, untuk mencegah terjadinya kerusakan sistem yang lebih serius.

Itulah 5 kesalahan pengguna smartphone yang sangat umum, dan paling sering dilakukan. Tanpa disadari, pastinya kita pernah melakukan salah satu dari 5 kesalahan pengguna hp android tersebut, ya kan?