Teknobos
Tech in Touch

Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop Yang Tak Disadari

Selama ini pengguna laptop, terkadang asal saja dalam menggunakan laptop untuk keperluan bekerja atau bermain. Mereka hanya mengerti cara mengoperasikan laptop saja, tanpa mengerti cara merawat laptop. Hal inilah yang sering terjadi dikalangan pengguna laptop, dan pada akhirnya hanya membuat rusak laptop tersebut.

Dari beberapa kasus, dapat dilihat adanya kebiasaan-kebiasaan yang ternyata merupakan kesalahan dalam menggunakan laptop. Biasanya kesalahan dalam penggunaan laptop dilakukan tanpa disadari oleh penggunanya sendiri. Kemungkinan besar mereka melakukan kesalahan dalam memakai laptop, karena mereka tidak mengerti.

Sebenarnya sangat disayangkan bila banyak terjadi kesalahan dalam menggunakan laptop. Karena hal ini dapat memperpendek usia laptop itu sendiri. Jadi tidak ada salahnya bila kita membahas, beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna laptop.

Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop

Pada dasarnya ada empat kesalahan yang sering dilakukan orang dalam menggunakan laptop. Kebiasaan yang dilakukan ini sangat sering terjadi, tapi tanpa disadari dapat berdampak buruk bagi laptop itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama empat kesalahan dalam memakai laptop.

Memangku laptop di paha

memangku Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop
source: freepik

Biasanya orang sering memangku laptop di paha mereka, dengan alasan lebih mudah digunakan ketika tidak ada meja. Sebenarnya kebiasaan ini dapat membuat suhu laptop menjadi lebih panas, karena sirkulasi udara pada laptop jadi tidak stabil. Karena lubang pembuangan udara yang ada dibagian bawah laptop, akan tertutup oleh paha penggunanya.

Meletakan laptop pada permukaan yang lunak

permukaan lunak Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop
source: freepik

Kebiasaan lainnya yang dilakukan oleh pengguna laptop adalah, meletakan laptop  pada permukaan yang lunak, seperti permukaan kasur ataupun sofa. Sebagai contoh bila kita meletakan laptop di atas kasur, maka beban laptop akan membuat lubang udara dibagian bawah laptop tertutup permukaan kasur. Jika lubang udara pada laptop tersebut tertutup, maka akan membuat suhu laptop jadi terlalu panas.

Melepas baterai laptop saat digunakan

baterai Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop
source: kabarseluler

Banyak pengguna yang melepas baterai laptop saat digunakan, dengan alasan bila mengisi daya laptop saat digunakan dapat merusak baterai. Mengisi daya laptop sambil digunakan, memang dapat menurunkan performa baterai. Tapi dengan mencopot baterai saat digunakan, justru dapat merusak laptop itu sendiri.

Seharusnya ketika laptop sedang digunakan namun daya baterainya kritis, kita bisa mengisi daya baterainya terlebih dahulu. Saat pengisian daya sedang berlangsung, usahakan untuk mengurangi menggunakan laptop.

Menyalakan laptop di tempat panas

tempat panas Kesalahan Dalam Menggunakan Laptop
source: freepik

Sebenarnya suhu udara dapat mempengaruhi kinerja perangkat elektronik seperti laptop. Jadi ada baiknya untuk tidak meletakan laptop pada tempat yang panas, seperti dibawah terik matahari, atau di dekat sumber api. Karena suhu panas dari udara di sekitarnya dapat mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan laptop. Pastinya di antara kamu ada yang pernah melakukan hal itu bukan? Jika kamu masih sering melakukan kebiasaan tersebut, ada baiknya kamu tidak melakukan kebiasaan itu lagi.

Bila kamu mengalami masalah laptop sering mati sendiri saat digunakan, jangan ragu untuk membaca artikel cara mengatasi laptop sering mati sendiri.