Inilah Kendala Pembangunan Jaringan 5G Di Indonesia

Rencana pembangunan jaringan 5G di Indonesia mulai jadi perbincangan. Pemerintan Indonesia sendiri sedang mempersiapkan aturan yang mengakomodir teknologi internet tersebut, melalui Kementrian Komunikasi Dan Informatika. Rencana pembangunan teknologi besar seperti ini, tentu saja tidak lepas dari kendala selama masa pengerjaannya.

Sama seperti beberapa pembangunan lain yang pernah dilakukan di tanah air juga banyak menemui kendala, begitu pula dengan pembangunan teknologi internet 5G. Pastinya akan banyak kendala yang akan dihadapi, dan harus bisa diselesaikan sesuai target yang sudah ditetapkan.

Beberapa negara di dunia juga sedang mempersiapkan jaringan internet 5G, karena era tersebut tidak lama lagi akan kita hadapi. Untuk itu pemerintah Indonesia juga tidak mau ketinggalan, untuk membangun sarana pendukung jaringan 5G di tanah air.

Hal ini dikarenakan jaringan internet super cepat ini hanya bisa dinikmati, di beberapa negara yang sudah memiliki infrastruktur pendukung jaringan 5G. Lalu apa sajakah kendala yang akan dihadapi, terkait perihal untuk menghadirkan teknologi internet super cepat ini?

Kendala Pembangunan Jaringan 5G Di Indonesia

pembangunan jaringan 5g di indonesia

Nonot Harsono selaku pengamat telekomunikasi menjelaskan, bahwa menghadirkan teknologi internet 5G bukan sekadar menambah jumlah tower agar lebih banyak saja. Tapi lebih cenderung kepada penataan jaringan kabel optik serta jutaan BTS kecil sebagai sarana pendukungnya.

Nonot menyampaikan bahwa penataan jaringan kabel optik diperlukan, agar bisa memasang Base Transceiver Station (BTS). Dia juga menambahkan, bagaimana caranya agar bisa menata kabel optik dengan sangat rapih, kemudian di ujung kabel-kabel optik tersebut dipasangi tower BTS yang jumlahnya sangat banyak.

Dia juga mengatakan bahwa teknologi 5G digunakan untuk kebutuhan Internet Of Things (IOT) seperti mengemudikan mobil tanpa supir, dan berbagai macam fungsi lainnya. Tentu saja jaringan internet super cepat ini, dapat meningkatkan produktifitas masyarakat yang memanfaatkan jaringan internet untuk pekerjaannya.

Seperti yang sudah dibahas jaringan internet 5G sendiri bisa mencapai kecepatan download hingga 10 gigabit per detik. Yang tentu saja dapat digunakan untuk mengunduh film full HD, dengan sangat cepat dan bahkan hanya dalam hitungan detik.