Keunggulan Browser Google Chrome Dengan Browser Lainnya

Google Chrome – Merupakan suatu perangkat akses internet yang dipercaya memiliki banyak kelebihan pada fitur-fitur yang dibekalkan pada icon google tersebut. Selain itu, aplikasi browser Google Chrome Android tersebut juga lebih cepat dibanding aplikasi lain yang ada pada Smartphone. Icon google tersebut juga selalu digunakan pada PC serta tablet, maupun phablet cerdas.

Web Browser Chrome milik Google ini sudah berhasil menggeser Firefox, kini Google Chrome sudah menempati posisi nomer 2 dalam hal web browser yang paling banyak digunakan di dunia. Memang saat ini peringkat teratas masih ditempati oleh Internet Explorer (IE) milik microsoft.

Analisa dan riset terhadap web browsers ini dilakukan dengan metode pemantauan terhadap banyaknya pengguna web browser yang dipakai untuk browsing dan membuka website, bukan jumlah banyaknya download software. Hanya tinggal satu tahap lagi menempati posisi pertama dan kami yakin Google Chrome mampu untuk menjadi yang nomor 1 dalam mengakses browser.

Berikut Keunggulan atau Kelebihan Browser Google Chrome:

  • Chrome Memiliki Javascript Virtual Machinenya Sendiri

chrome-v8

Javascript Virtual Machine pada Chrome benar-benar baru yang dibuat ulang dari 0 (nol) lagi, dengan tetap memperhatikan kepada kebutuhan user saat ini. Javascript Virtual Machine pada Chrome dibuat oleh V8 Team yang ada di Denmark. V8 Team ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat berbagai Virtual Machine, sehingga virtual machine yang diterapkan di Chrome ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Faktor pendukung yang menyebabkan V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding Virtual Machine atau Javascript Engine lain adalah karena V8 langsung mengcomplie javascript yang mereka temukan, dan bukan meng-interpret-nya seperti yang dilakukan oleh engine lain. Program yang dicomplie akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan meng-interpret.

  • Manajemen Memory Lebih Baik dibanding Browser lain

chrome-memory

Chrome sendiri memiliki manajemen memory yang jauh lebih baik dari browser lainnya. Lalu apakah manfaat dari manajemen memory tersebut? Bagi yang rutin browsing menggunakan browser lain, mungkin anda sudah pernah mengalami Crashed, ketika membuka banyak tab pada browser tersebut.

Crashed disebabkan karena semua tab berbagi alokasi memory yang sama, sehingga apabila ada salah satu tab yang crash, maka semua tab juga akan ikut dapat imbasnya pula. Hal seperti itu tidak akan terjadi pada Chrome. Karena setiap satu tab adalah sama dengan satu aplikasi chrome, maka kamu dapat dengan mudah men-drag tab keluar dari Chrome untuk membuat jendela yang baru.

  • Tampilan dan Interface Google Chrome Lebih Nyaman Digunakan

chrome-tampilan
Tampilan Browser Google Chrome terlihat sederhana dan tidak menampilkan banyak toolbar, ini karena bertujuan agar pengguna lebih nyaman ketika mengakses website tanpa terganggu dengan tampilan aplikasinya. Sehingga pengguna dapat fokus pada situs yang sedang diaksesnya.
  • Aplikasi Web Shortcut

chrome-shortcut

Google Chrome ditambakan fitur web shortcut seperti Gmail dan Google Teader yang terlihat seperti pada satu sebuah aplikasi di Google Chrome itu sendiri. Shortcut ini juga berguna jika ingin membuka layanan Google yang lain tinggal klik tanpa harus membuka tab baru dan mengetikkan alamat URL-nya.

  • Memiliki Tingkat Keamanan yang Baik

chrome-google-block

Browser Google Chrome dapat menebalkan alamat URL saat alamat web itu palsu, seolah ini memberitahukan bahwa yang diakses itu bukan web aslinya tetapi web samaran untuk mengelabuhi pengguna.
Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan iksan.klikmandiri.r22pc.com, maka r22pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs atau website resmi Klik MANDIRI.
Nah, diatas adalah 5 keunggulan atau kelebihan pada browser Google Chrome yang memiliki kualitas terbaik dari semua sektor yaitu manajemen, javascript virtual machine dan kemanan yang baik. Tidak heran jika Browser buatan Google ini naik ke posisi ke-2 mengalahkan FireFox.
Dengan semua kelebihan dan keunggulan diatas tidak akan lama lagi akan menempati urutan pertama. Masih mau pakai browser lain? Google Chrome sudah menjadi yang terbaik dan tercepat dalam mengakses browser.