Kalibrasi Baterai Laptop Anda dengan Mudah

403

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop

 

Cara Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah - Tips
Kalibrasi baterai laptop

 

Cara kalibrasi baterai laptop bisa dibilang beragam, Namun yang paling aman adalah menggunakan cara yang melalui fitur laptop itu sendiri. Dengan begini, baterai dan laptop akan menjadi akurat dengan apa yang ditampilkan oleh layar laptop.

Nah, apakah kamu tahu apa itu kalibrasi pada baterai? Mungkin sebaiknya kamu mengetahuinya terlebih dahulu. Kalibrasi baterai merupakan suatu tindakan untuk membuat baterai menjadi akurat lagi. Keakuratan baterai merupakan kapasitas daya baterai yang sesuai dengan persentase yang ditampilkan dalam layar.

Biasanya, kalibrasi dilakukan jika keakuratan baterai pada laptop telah jauh melenceng. Contohnya adalah dari yang seharusnya full menjadi persentase yang lebih rendah seperti 70% atau 60% meskipun tidak terpakai. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah umur baterai yang biasanya identik dengan daya yang akan semakin menurun.

Untuk menjalankan kalibrasinya, kamu bisa menggunakan cara yang mudah. Penjelasannya ada di bawah ini.

Kalibrasi mudah

Cara kalibrasi baterai laptop bisa kamu mulai dengan mengisi penuh daya laptop terlebih dahulu. Pakailah sekitar 1 hingga 2 jam dengan kondisi masih dalam kondisi terkoneksi jaringan listrik. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan baterai terlebih dahulu. Tapi jika ingin cara lebih aman, biarkan saja laptop kamu menyala tanpa digunakan untuk melakukan pekerjaan apapun. Jika ingin menggunakan, pastikan bukanlah suatu pekerjaan berat, karena nantinya akan mengganggu kinerja baterai.

Kemudian kamu masuk ke menu Power options yang bisa kamu temukan melalui menu Control panel. Nah di sini, kamu harus mengatur baterai agar sleep jika power baterai telah mencapai angka 5%. Peraturan ini terdapat pada Advanced Setting. Setelah itu, cabut charger dan biarkan laptop kamu menyala hingga baterainya habis.

Kemudian biarkan laptop kamu selama 2-4 jam. Lalu isi ulang baterainya hingga penuh. Kamu bisa memakainya kembali. Jangan lupa untuk mengembalikan aturan baterai seperti aturan semula.

Kini kamu bisa melihat bahwa tingkat keakuratan baterai kembali seperti semula. Dengan cara kalibrasi baterai laptop di atas, kamu tidak perlu khawatir akan masalah baterai yang tidak akurat kapasitasnya.

Baca juga tips lainnya.