Jenis-Jenis Sistem Biometrik yang Digunakan Smartphone

Sistem Biometrik – Teknologi pada zaman sekarang memiliki kualitas yang sangat baik dan berkembang dengan sangat cepat. Tidak heran barang-barang yang dulunya hanya mempunyai satu fungsi dapat disulap dengan teknologi menjadi multy fungsi.

Begitu juga dengan ponsel Android, secara terus-menerus perusahaan yang memproduksi Smartphone terus mengembangkan setiap fitur yang berada pada ponsel mereka. Fitur yang akan kita bahas yaitu sistem biometrik atau kemananan pada  ponsel Android.

Sistem biometrik adalah metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Biasanya ciri khas yang dijadikan indikator untuk mengenali seseorang biasanya adalah wajah, sidik jari, pola tangan, tulisan, iris, retina, suara, atau pembuluh darah.

Jenis-Jenis Sistem Biometrik Smartphone:

Pengenalan tentang Biometrik merupakan suatu metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakteristik unik yang dimiliki oleh manusia. Seiring berjalannya waktu sistem biometrik ini akan mengalami perkembangan pesat dan mungkin akan dijalankan pada semua jenis elektronik.

Pemindai Retina

biometrik-retina

Pemindai retina adalah suatu alat yang berbasis teknologi biometri yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Teknologi ini mampu meneliti lapisan pembuluh darah di belakang selaput mata.

Pemindai retina memiliki kemampuan untuk mengenali pola unik yang terdapat pada masing-masing orang. Dengan mengidentifikasi pola tersebut menjadi sebuah akses masuk, pemindai retina bisa digunakan untuk mengamankan perangkat dari akses tak legal.

Pemindai Iris

biometrik-iris

Pemindai iris biasa disebut dengan selaput pelangi daerah berbentuk gelang pada mata yang dibatasi oleh pupil dan sklera (bagian putih dari mata). Sama seperti pemindai retina, iris scanner juga dapat memindai pola unik di dalam mata namun dengan cara yang lebih kompleks. Selain itu, penggunaan pemindai iris juga dikatakan lebih membutuhkan biaya dibandingkan pemindai retina.

Fingerprint Scanner

biometrik-fingerprint

Pemindai Fingerprint merupakan sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Sebuah sistem pemindai sidik jari memiliki dua pekerjaan, yakni mengambil gambar sidik jari, dan memutuskan apakah pola alur sidik jari dari gambar yang diambil sama dengan pola alur sidik jari yang ada di database.

Sebagian besar smartphone saat ini menyematkan teknologi biometrik pemindai sidik jari. Selain cukup aman digunakan, teknologi biometrik ini juga dikatakan menjadi yang termurah dibandingkan pemindai lainnya.

Fingerprint scanner bekerja dengan mencetak pola sidik jari secara tiga dimensi kemudian menyimpannya untuk melakukan pengenalan terhadap pola sidik jari yang sama.

Face Biometric

biometrik-face

Sistem keamanan biometrik wajah ini merupakan pemindah seluruh wajah kita mulai dari mata, hidung, mulut, alis, pipi dan lain-lain di bagian muka. Sistem ini digunakan dengan cara menatap layar Smartphone kamu sesuai pola yang sudah terkunci waktu diawal kamu mengatur keamanan pemindai wajah.

Voice Recognition

biometrik-voice

Metode pemindai suara sama seperti kamu menggunakan asisten digital Google Assistant, kamu akan menemukan pengaturan trusted voice. Sistem ini digunakan hanya untuk mengenali suara yang pertama kali direkam untuk melakukan autentikasi.

Diatas merupakan jenis-jenis sistem biometrik yang digunakan pada Smartphone Android hingga saat ini. Bakal ada nanti teknologi baru mengenai sistem biometrik yang baru, kita tunggu saja informasi teknologi terbaru.