Hari Gini Belum Tau Jenis Jaringan Internet, Yuk Pelajari Lebih Lanjut

Jenis-jenis jaringan internet – Kemajuan pada dunia teknologi saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, terlihat dari kebutuhan akses internet yang kian melambung pesat. Adanya internet memudahkan kalian mencari informasi diseluruh belahan dunia, selain itu juga dapat update mengenai trend terhangat.

Demi berjelajah dan berselancar ke dalam dunia maya, pastinya akan membutuhkan sebuah koneksi. Nah terdapat berbagai ragam dan jenis koneksi yang mungkin belum kalian ketahui.

Jenis Jaringan Internet

Bagi kalian yang belum mengetahui beberapa jenis koneksi yang terdapat di dunia, penjelasan berikut ini akan mampu menambah wawasan menegenai jaringan dan fungsinnya.

1. LAN

jenis-jaringan-internet-LAN

Local Area Network atau yang biasa kita sebut dengan LAN yaitu jaringan yang hanya memiliki jangkauan terbatas, biasanya jaringan ini cukup mencakup satu rumah dan satu gedung. LAN ini menggunakan kabel ethernet supaya tersambung ke PC atau laptop.

2. HAN

jenis-jaringan-internet-HAN

HAN merupakan singkatan dari Home Area Network, jaringan ini terdapat pada area lokal seperti macamnya komputer, laptop, perangkat tv dan lain sebagainya. Biasanya jaringan tersebut terhubung dengan router, dan ditempatkan di dalam sebuah rumah.

3. WLAN

jenis-jaringan-internet-WLAN

Wireless LAN atau WLAN adalah sebuah jaringan nirkabel untuk area lokal dengan menggunakan WiFi, WLAN dan WiFi tersebut didefinisikan berbeda karena WiFi hanya dapat digunakan untuk membuat jaringan nirkabek di area lokal saja.

4. PAN

jenis-jaringan-internet-PAN

Sangat begitu asing sekali dengan jaringan yang bernama PAN, singkatan itu dapat diartikan sebagai Personal Area Network. PAN adalah jaringan yang hanya dicakup secara personal dan memiliki batas, batasan koneksi ini sekitar 10 meter. Seperti cotoh simpelnnya, yaitu Bluetooth.

5. CAN

jenis-jaringan-internet-CAN

Campus Area Network(CAN) merupakan jaringan infrastrukstur yang digunakan seperti di kampus, sekolah dan bahkan koperasi. Sesuai dengan namanya, berararti koneksi tersebut hanya terdapat di lingkungan perkampusan saja.

6. MAN

jenis-jaringan-internet-MAN

Metropolitan Area Network kepanjangan dari MAN, pengertian jaringan ini yaitu memiliki koneksi lebih besar daripada LAN. Jaringan MAN dapat digunakan untuk kebeberapa LAN dan bisa menembus hingga ke sebuah kota atau area metro besar.

7. WAN

jenis-jaringan-internet-wan

WAN adalah Wide Area Network yang menunjang area sangat begitu luas, jaringan ini melebihi jenis-jenis jaringan lainnya. Menariknya, WAN mencakup rumah, kantor, lingkungan, dan bahkan sampai negara. Jadi, jaringan yang terdapat didalam rumah atau kantor kalian terkoneksi oleh WAN.

8. SAN

jenis-jaringan-internet-SAN

Jenis jaringan internet yang berikutnya yaitu bernama SAN kepanjangan dari Storage Area Network, SAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan penyimpanan lewat sebuah server.

9. VPN

jenis-jaringan-internet-VPN

Macam-macam jaringan yang terakhir adalah VPN, Virtual Private Network ini merupakan sebuah jaringan pada komputer dan tidak terlihat.

aplikasi vpn terbaik
Baca juga:
5 Aplikasi VPN Terbaik Dan Gratis Untuk Smartphone Android

Itulah pengertian serta penjelasan tentang jenis jaringan internet yang terdapat saat ini, semoga saja pembahasan seperti itu dapat menambah wawasan dan ilmu terutama bagi kalian yang belum mengetahuinya. Cocok banget untuk kalian yang ingin masuk kedunia IT Network.