Jaringan Internet 5G Bisa Menembus Kecepatan 10 Gigabit Per Detik?

Semakin hari, kecepatan internet yang dibutuhkan jadi semakin cepat, jaringan 4G sepertinya masih kurang memuaskan para pengguna internet. Untuk itu Jaringan internet 5G hadir bagi pengguna yang merasa, kecepatan jaringan 4G masih kurang cepat. Dengan menggunakan teknologi 5G, kecepatan internet akan dilipat gandakan, jadi berkali-kali lipat dari kecepatan yang sudah ada.

Sebelum membahas lebih jauh tentang internet 5G, kita bisa sedikit menengok ke belakang, dimana jaringan 4G saat ini sudah cukup merajai. Provider selular dan internet saja, saat ini banyak menawarkan kuota berlimpah dijaringan 4G, tentu saja harus didukung perangkat yang sudah mendukung 4G.

Jaringan Internet 5G, Bisa Mencapai Kecepatan Hingga 10Gbps

Sejauh ini yang pernah tercatat, jaringan 4G bisa mencapai kecepatan transfer hingga satu gigabit per detik. Sementara pada jaringan 5G, kecepatan download akan dilipat gandakan hingga sepuluh gigabit per detik. Artinya bila menggunakan jaringan 5G, kita bisa mendownload film full HD dengan sangat cepat, hanya dalam hitungan detik saja.

Dilansir dari 5g.co.uk, 5G dapat mentransmisikan data sampai 20Gbps. Sementara Nokia berasumsi, bahwa internet 5G dapat digunakan untuk streaming video dengan resolusi 8K.

jaringan internet 5g

Hebatnya lagi, 5G Innovation Center telah melakukan pengujian terhadap jaringan ini, dan hasil yang didapat mencapai 1 Terabit per detik. Selain itu, 5G juga dapat mengurangi latency secara signifikan. Dengan kata lain, jaringan internet tersebut akan memberikan wireless boardband, yang diperlukan untuk menghubungkan ratusan bahkan ribuan perangkat.

Seperti kabar yang pernah beredar sebelumnya, bahwa internet 5G akan mulai diperkenalkan ke masyarakat, paling cepat pada tahun 2020. Namun Qualcomm dengan beberapa operator selular, serta perusahaan teknologi lainnya, berkeinginan agar jaringan 5G dapat segera direalisasikan.

Mereka mengharapkan agar jaringan internet super cepat itu, dapat diuji coba pada tahun 2018. Agar di tahun berikutnya, masyarakat sudah bisa merasakan, jaringan internet 5G yang sangat cepat itu. Karena kubutuhan internet cepat memang sudah sangat dinanti-nantikan, untuk pendukung streaming video full HD yang saat ini banyak disediakan oleh YouTube.

Bila jaringan internet super cepat sudah terealisasikan, maka kita sebagai pengguna akan lebih leluasa streaming video beresolusi tinggi. Tapi yang harus diperhatikan adalah kuota paket internet, karena jaringan internet 4G saja kuotanya cepat habis, apa lagi bila menggunakan jaringan 5G, pasti semakin bertambah cepat habisnya.