iOS 12 Menyebabkan Salahnya Pengiriman iMessage

26

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Saat diluncurkan 17 September lalu, Apple menjanjikan peningkatan peforma perangkat setelah melakukan pembaruan ke iOS 12.

Beberapa pengguna iPad dan iPhone, baik lawas maupun baru pun mengaku perangkat mereka berjalan lebih ringan setelah diperbarui.

Tapi seperti pembaruan iOS 11 tahun lalu, beberapa masalah tetap saja terjadi. Baru-baru ini, beberapa pengguna iOS 12 mengeluh salah kirim iMessage, layanan serupa SMS bagi sesama pengguna perangkat Apple.

Anehnya, akar masalah ini justru muncul dari pembaruan fitur iMessage sendiri yang seharusnya membuatnya lebih baik. Diketahui, diam-diam Apple memperbarui fitur iMesage di iOS 12. Pembaruan tersebut bisa menggabungkan utas percakapan dari satu kontak iMessage yang memiliki nomor telepon dan alamat e-mail.

Sayangnya, ada masalah dalam impelementasi fitur iMessage tersebut. iMessage justru menggabungkan kontak yang berbeda. Hal itu yang menyebabkan pesan terkirim ke beberapa kontak yang tidak seharusnya menerima pesan.

Beberapa pengguna mengeluhkan masalah tersebut ke media sosial. “Apakah ada yang tahu bagaimana memperbaiki iOS 12 yang menggabungkan dua kontak, sebab kontak Ibu dan Kakak saya kini tergabung dalam satu utas percakapan yang sama,” keluh salah satu pengguna. Pengguna lain juga mengeluhkan masalah yang sama melalui Twitter.

Pengguna iOS juga berbondong-bondong mengeluhkan hal ini di forum diskusi Apple. “Mengapa iMesage menggabungkan dua kontak dalam satu utas percakapan. Saya hanya bisa membalas pesan ke kontak terakhir yang membalas pesan saya. (Masalah) ini dimulai dengan iOS 12“, tulis salah satu pengguna.

Hingga saat ini, Apple belum mengonfirmasi penyebab bug tersebut. Namun, laman PiunikaWeb menangkap salah satu kemungkinan. Para pengguna iOS 12 yang terdampak diduga saling berbagi Apple ID ke sesama anggota keluarganya.

Kemungkinan, penggabungan kontak iMessage didasarkan pada Apple ID dengan mengabaikan nama, e-mail, dan nomor telepon, dilansir Forbes, Selasa (2/10/2018). Namun itu baru dugaan awal saja. Sebab pengguna lain melaporkan jika kontak yang tergabung tidak saling berbagi Apple ID. Belum diketahui seberapa luas dampak salah kirim iMessage ini di kalangan pengguna iOS 12.

Baca juga artikel berita teknologi lainnya.