Ini Dia 3 Cara Masuk Safe Mode Windows 8

Cara masuk safe mode Windows 8 merupakan hal yang patut Anda ketahui sebagai solusi ketika Windows mengalami masalah. Baik itu masalah internal pada sistem maupun disebabkan oleh virus. Dengan merubah tampilan ke Safe Mode ini, Anda dapat melakukan booting Windows tanpa masalah.

Windows tak akan melakukan load pada driver dan proses lainnya di komputer selain pada core sistem Windows itu sendiri. Dengan begini, Anda bisa memperbaiki masalah pada Windows dengan merubah tampilan menjadi Safe Mode. Berikut terdapat 3 cara yang mudah untuk bisa masuk ke Safe Mode. Yuk, kita intip cara-caranya.

3 Cara Masuk Safe Mode Windows 8 Dengan Mudah

Cara Masuk Safe Mode Windows 8 - Tips Komputer

  1. Menggunakan Sistem Configuration (MSCONFIG)

Cara ini merupakan cara termudah untuk bisa masuk ke Safe Mode dan paling       banyak digunakan. Langkah-langkahnya yaitu :

  1. Pertama, bukalah kotak Run (WinKey+R) lalu ketik ‘msconfig’ dan tekan ‘enter’.
  2. Kedua, arahkan ke tab Boot. Lalu pada menu Boot options, berikan tanda ‘checklist’ pada ‘Safe boot’ dan pilih ‘Minimal’ untuk default. Kemudian pilih’OK’.
  3. Untuk mengubahnya menjadi Safe Mode, Anda perlu melakukan Restart PC atau Exit without restart. Tergantung dari Anda kapan ingin melakukan Restart. Setelah di Restart, Windows akan langsung masuk ke Safe Mode.
  4. Menggunakan Troubleshoot Options
  5. Pertama, bukalah Charmbar (WinKey+C) > Settings > Power button. Lalu pilih Restart. Pastikan juga Anda menahan tombol ‘Shift’ selama proses Restart berlangsung.
  6. Kedua, pilihlah menu Troubleshoot.
  7. Pilih kembali menu Advanced options.
  8. Pilih dan klik menu Startup Settings.
  9. Selanjutnya sistem akan memberikan informasi daftar perubahan saat memasuki Safe Mode. Lalu untuk melanjutkannya, klik Restart.
  10. Setelah melakukan Restart, akan muncul 9 pilihan startup settings. Diantaranya ada Safe Mode, Safe Mode with Command Prompt, dan Safe Mode with Networking. Anda bisa memilihnya dengan menggunakan tombol F1 sampai dengan F9. Untuk memilih Safe Mode, tekan tombol F4.
  11. Tunggu saja beberapa saat maka Windows akan berubah tampilan masuk ke Safe Mode.
  12. Melakukan Penambahan Opsi Safe Mode Pada Boot Manager

Pada jenis Windows 8 maupun Windows 8.1 memerlukan proses booting sebelum masuk ke dalam Safe Mode. Namun, bagaimana apabila suatu saat Windows gagal   melakukan booting sedangkan Anda ingin mengubah tampilan menjadi Safe Mode untuk memperbaiki sesuatu? Jangan khawatir. Anda bisa menambahkan opsi Safe Mode pada Boot Manager.

Dengan menggunakan cara ini, setiap kali melakukan booting Anda akan diberikan opsi untuk booting ke Windows atau Safe Mode. Ini sangat penting dilakukan karena apabila suatu saat Windows Anda gagal melakukan booting, padahal Anda ingin masuk ke Safe Mode, Anda hanya tinggal memilih Safe Mode pada Boot Manager yang muncul.

Itulah 3 cara masuk Safe Mode Windows 8 yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Anda tidak perlu merasa bingung ketika PC Windows Anda mengalami masalah. Anda bisa memperbaikinya melalui Safe Mode dengan gampang.

Baca juga tips komputer lainnya.