Ada Ikon Roket Pada Aplikasi Facebook, Apa Sih Fungsinya?

Beberapa waktu lalu, para pengguna Facebook dikagetkan dengan hadirnya ikon roket pada aplikasi Facebook. Ikon ini bertengger diantara ikon news feed dan friends, lalu apa fungsi dari tombol berbentuk roket tersebut? Biasanya Facebook mengumumkan fungsi dari fitur-fitur terbarunya, tapi ikon misterius ini hadir begitu saja, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Sejak pertama kali Facebook berdiri, memang sudah cukup banyak terobosan yang mereka buat. Mulai dari situs jejaring sosial, kemudian mereka juga merambah dunia mobile app. Aplikasi mobile yang mereka miliki saat ini tidak hanya Facebook App saja, tapi juga ada Messenger, Facebook Lite dan lain-lain. Yang tentu saja kesemua aplikasi buatan mereka itu, juga memiliki beragam fitur menarik lainnya.

Bila dilansir dari Mashable, ikon ini disebut Rocket Feed, yang berguna untuk melihat postingan terbaru. Berbeda dengan yang sudah ada, pada laman ini kita bisa melihat postingan dari akun atau fanpage yang belum terhubung dengan akun kita.

Fungsi Ikon Roket Pada Aplikasi Facebook

ikon-roket-pada-aplikasi-facebook

Fitur terbaru Facebook ini kabarnya baru muncul pada platform android. Pihak jejaring sosial terbesar di dunia ini menjelaskan, Rocket Feed menghadirkan konten lokal sesuai lokasi geografis di mana si pengguna berada. Jadi postingan yang muncul pada fitur terbaru dari Facebook itu, berasal dari akun dan fanpage yang dekat dengan lokasi pengguna berada saat itu.

Fitur Rocket Feed ini sebenarnya serupa dengan Tab Explore yang ada pada Instagram. Dimana pada Tab itu, pengguna dapat melihat postingan yang berasal dari akun, yang belum terhubung dengan akun pengguna. Postingan yang muncul juga sudah disesuaikan berdasarkan ketertarikan pengguna, dengan menggunakan algoritma khusus.

Contohnya bila pengguna lebih sering membuka postingan dalam kategori teknologi, maka posting yang ditampilkan pada Tab Explore juga bermuatan teknologi.

Rocket Feed, fitur terbaru Facebook

rocket-feed-ikon-roket-pada-aplikasi-facebook

Rocket Feed bukanlah satu-satunya fitur terbaru dari Facebook, sebelumnya mereka juga sudah memperkenalkan fitur Stories pada aplikasinya. Cara kerja fitur tersebut serupa dengan fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp, yakni WhatsApp Status. Pada fitur itu, kita bisa membagikan foto atau video pendek yang akan hilang dalam waktu  24 jam.

Sayangnya ikon rocket pada aplikasi Facebook itu sudah tidak bisa ditemukan lagi. Kemungkinan besar, saat beberapa waktu lalu mereka memunculkan fitur tersebut, masih dalam rangka uji coba. Sehingga saat ini mereka kembali menyembunyikan ikon bergambar rocket itu.

Apabila fitur tersebut sudah berhasil dikembangkan, mungkin mereka akan meluncurkannya kembali. Tentu saja dengan memberikan pernyataan secara resmi kepada publik. Jadi kita tunggu saja sampai Facebook meluncurkan secara resmi fitur Rocket Feed itu pada aplikasi miliknya.