HP Touchscreen Dan Keypad, Mana Yang Lebih Bagus?

Handphone dengan keyboard touchscreen dan keypad memang berbeda generasi, dahulu hp keypad cukup banyak penggunanya. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi popularitas ponsel keypad, kalah saing dengan smartphone yang memiliki layar sentuh.

Meskipun saat ini HP dengan layar sentuh sudah lebih canggih, tapi HP keypad juga terbilang canggih di zamannya. Kedua ponsel itu memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Semua pengguna ponsel pastinya pernah menggunakan hp keypad, karena model ponsel tersebut merupakan cikal bakal, dari handphone model touchscreen yang saat ini sedang populer.

Perbandingan HP Touchscreen Dan Keypad

Bila dibandingkan antara HP touchscreen dengan HP keypad, tentu ada saja suka duka yang pernah kita alami. Seperti cara pengetikan nya, luas layarnya, dan bahkan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

1. Cara pengetikan

pengetikan-touchscreen-dan-keypad

Dari segi pengetikan sendiri keduanya punya perbedaan. Bila menggunakan ponsel keypad memang kita bisa lebih cepat dalam mengetik, karena setiap tombol bisa kita raba dengan jari. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengetikan.

Sementara bila kita menggunakan keyboard touchscreen, semua tombolnya tidak bisa kita raba dengan jari. Meskipun sudah dilengkapi fitur auto text dan auto correct, tapi terkadang kata yang ditampilkan tidak sesuai dengan kata yang kita inginkan.

2. Efisiensi ruang

efisiensi-touchscreen-dan-keypad

Dari segi efisiensi, memang HP touchscreen jauh lebih efisien, karena keyboard-nya baru akan muncul ketika kita akan mengetik. Sementara untuk ponsel keypad bodinya terbagi antara layar dan papan ketiknya, sehingga lebih banyak memakan ruang.

3. Ketahanan fisik

ketahanan-fisik-touchscreen-dan-keypad

Soal ketahanan fisik sendiri, ponsel keypad memang lebih unggul, karena jika tombolnya sedikit macet karena kotor, kita bisa langsung membersihkannya. Sementara pada hp touchscreen, karena keyboardnya menyatu dengan layar, jadi ketika layar ponselnya retak maka akan berpengaruh pada keyboard-nya.

4. Dukungan aplikasi

aplikasi-touchscreen-dan-keypad

 

Bisa dibilang untuk ponsel touchscreen dukungan aplikasinya lebih unggul, sebab sering mendapatkan pembaruan aplikasi dari pihak pengembangnya. Hal tersebut dilakukan agar kinerja smartphone layar sentuh ini bisa tetap optimal, dan dapat meminimalisir terjadinya bug.

Sementara untuk hp keypad sangat jarang diberikan dukungan aplikasi, terlebih untuk saat ini dukungan aplikasi atau game pada ponsel keypad sudah cukup sulit ditemui. Hal ini dikarenakan para developer, sekarang lebih berfokus pada pengembangan hp model touchscreen.

5. Resolusi layar

resolusi-touchscreen-dan-keypad

Resolusi layar pada hp touchscreen memang jauh lebih besar, dan memiliki ketajaman gambar serta warna yang lebih baik. Sementara untuk ponsel keypad resolusi layarnya masih terlalu kecil, ketajaman warna dan gambarnya juga jauh dibawah hp touchscreen.

Itulah beberapa perbandingan antara hp touchscreen dan keypad, memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Tapi untuk saat ini memang penggunaan ponsel layar sentuh lebih memudahkan kita sebagai penggunanya, karena lebih banyak fitur canggih yang bisa kita gunakan.