Highschooler Mendapat 10 Ribu USD Dengan Server Google

https://thenextweb.com/

Highschooler – Sejak Google menjadi salah satu mesin pencari terbesar di dunia, hampir setiap orang tahu tentang keberadaan Google. Google menjadi salah satu alat mesin pencari yang paling mudah untuk digunakan.

Setiap orang bisa menggunakan mesin pencari ini, untuk mencari berbagai macam informasi yang belum mereka ketahui sebelumnya. Salah satu pihak yang berhasil mendapatkan keuntungan dari google adalah Highschooler bernama Ezequiel Pereira.

Ezequiel Pereira telah berhasil mendapatkan penghargaan dari google mencapai bug $10.000. Ia berhasil mendapatkan penghargaan tersebut, karena keberhasilannya dalam meneliti sebuah kerentanan, yang memungkinkan salah satu server untuk memberikan akses ke dalam data rahasia. Ia bermain-main menggunakan layanan dari Google layaknya seorang peneliti yang sangat ahli.

Highschooler Dapat 10 Ribu USD Menggunakan Server Google

1 Highschooler Memenangkan $10K Dengan Server Google
https://thenextweb.com/

Ternyata, Pereira menemukan kerentanan dalam menggunakan mesin pencari google. Hal ini ia temukan saat ia sedang bermain di dalam layanan Google. Ia kemudian masuk ke dalam situs web bernama yaqs.googleplex.com. Ia masuk ke dalam situs tersebut tanpa mencentang pengguna akunnya.

Ketika ia telah masuk, ia melihat bagian beranda, yang berisi berbagai macam layanan infrastruktur dari Google. Hal yang paling menggelitik menurutnya adalah, ketika ia membaca footer yang bertuliskan Google Confidential. Akhirnya, peneliti muda tersebut lebih ingin mencari tahu situs web tersebut.

Ia pun akhirnya melaporkan bug tersebut pada Juli lalu. Seperti dugaannya, ia pun akhirnya mendapatkan tanggapan dari Google. Google pun memberitahukan kepadanya, bahwa sistem keamanannya akan menilai tingkat dari keparahan kerentanan yang ditemukan Pereira tersebut. Kemudian, ia pun mendapatkan hadiah sebesar 10 ribu USD pada Agustus lalu.

Sebenarnya, pihak mesin pencari Google telah menahan diri untuk mengatakan kepada Pereira, untuk memberikan informasi dalam situs web tersebut. Namun yang dikatakan oleh cybersecurity Google, Pereira telah mendapatkan hadiah tersebut karena Pereira telah menemukan kerentanan, yang bisa menghabiskan jutaan dolar dari google.

Highschooler bernama Pereira ini, akhirnya telah mendokumentasikan secara lebih terperinci tentang hal ini. Ia menjelaskan bagaimana langkah yang ia ambil, dalam melanggar jaringan google, di dalam sebuah posting blog.

Jadi, hal yang perlu diingat adalah, kerentanan memang harus dilakukan dan dilaporkan. Jadi, mulai sekarang kamu bisa lebih teliti dalam membaca Kriteria Program kerentanan dari Google Search.