Cara Mudah Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

28,951

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Mengalami masalah headset tidak terdeteksi di laptop mungkin akan menjadi sesuatu yang menyusahkan bagi kamu. Untuk orang yang gemar mendengarkan musik, menonton film atau video ataupun yang memiliki pekerjaan mengedit video tanpa ingin mengganggu orang lain karena suara yang ditimbulkan hal ini adalah masalah yang cukup membingungkan.

Bila kamu sedang menghadapi masalah ini, jangan panik dan jangan buru-buru menyangka kalau kerusakan terjadi karena headsetnya dan memutuskan untuk membeli yang baru. Hal ini dapat saja terjadi karena kesalahan saat menginstal sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Hal lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah karena versi driver tidak cocok atau corrupt saat melakukan instal ulang. Hal ini sangat mungkin terjadi dan berakibat headset tidak terdeteksi di laptop. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop

Headset tidak terdeteksi di laptop - Tips Komputer

Metode scan for hardware change

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka jendela Device Manager
  2. Langkah selanjutnya klik kanan pada Start Menu atau kamu bisa menekan tombol “Windows + X” lalu carilah Device Manager. 
  3. Saat telah membuka Device Manager, pilih Sound, video and game controllers.
  4. Check dan pastikan ada atau tidaknya device yang terdeteksi oleh komputer. Apabila belum ada device sound yang terdeteksi, langkah selanjutnya adalah melakukan pendeteksian dengan cara klik kanan pada Sound, video and game controllers.
  5. Pilih Scan for hardware changes
  6. Apabila hardware sudah di scan, kamu dapat melakukan update driver dengan mudah
  7. Caranya dengan klik kanan pada Hardware yang terdeteksi
  8. Pilih update driver software dan akan lebih baik bila ada koneksi internet untuk melakukan pencarian otomatis dan mengupdate driver software sound.
  9. Restart komputer setelah selesai melakukan update.

Baca juga artikel tips komputer lainnya.

Cara lainnya dengan metode  mengubah sample rate dan bit depth

  1. Klikkanan ikon Sound di kanan bawah yang ada di desktop dan pilih Playback devices
  2. Pilih speaker/headphones yang digunakan lalu ubahlah ke Set as default.
  3. Setelah itu klik tombol Properties.
  4. Klik Advanced tab yang berada dibawah “Default Format” untuk melakukan setting sample rate dan bit depth pada speakers/headphones.
  5. Apabila sudah selesai, klik Apply lalu klik ok untuk menyimpan perubahan.

Semoga cara yang sudah dipaparkan diatas dapat menyelesaikan permasalahan headset tidak terdeteksi di laptop. Sehingga, kamu bisa bekerja kembali atau menikmati hiburan dengan bantuan headset dan tanpa mengganggu orang lain dengan suara yang ada.