Evercoss A66V, Smartphone Lokal Murah Harga 1 Jutaan

Evercoss A66V adalah salah satu smartphone murah besutan Evercoss, yang memiliki resolusi kamera utama cukup bagus untuk fotografi. Evercoss memang tidak pernah ada bosannya menciptakan produk telepon selular, baik itu untuk segmen pasar kelas bawah ataupun kelas menengah.

Saat awal berdirinya perusahaan ini dikenal sebagai Cross Mobile, namun pada tahun 2013 mereka resmi mengganti namanya menjadi Evercoss. Setelah itu mereka berfokus untuk mengembangkan ponsel android, yang terkenal memiliki range harga cukup terjangkau.

Meskipun pemegang merk hp ini berasal dari Indonesia, tapi perakitan smartphone murah tersebut dilakukan di negri tirai bambu Cina. Tentu saja dengan menggunakan teknologi canggih, yang didatangkan langsung dari Jerman.

Desain simpel yang kalem

desain-Evercoss-A66V

Hp android buatan lokal tersebut memiliki desain yang simpel, namun memancarkan kesan kalem dan tidak terlihat murahan. Pada sisi belakang ponsel ini diletakan kamera utama serta LED flash di pojok kiri atas, dan di bagian tengahnya terdapat logo Evercoss. Masih di sisi belakang terdapat speaker audio yang diletakan di bagian bawah.

Bagian depannya yang sekaligus menjadi pusat antarmuka, pada ponsel murah ini disematkan layar berukuran 5.5 inci, yang memiliki resolusi mencapai 940 x 540 Pixels. Dibekali layar seukuran itu tentu saja dapat memanjakan mata pengguna ketika bermain game atau streaming film.

Prosesor racikan MediaTek

prosesor-Evercoss-A66V

Sebagai pusat pengolahan data pada smartphone, tentu saja prosesor menjadi bagian paling penting yang harus terdapat di dalamnya. Oleh karena itulah vendor asli Indonesia ini menyematkan chipset dari MediaTek pada hp A66V tersebut, serta dilengkapi CPU Quad Core berkecepatan 1.3 GHz.

Sebagai media penyimpanan data, pihak Evercoss telah menyediakan memori internal berkapasitas 8GB. Namun masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal hingga 32GB. Sayangnya dukungan RAM yang diberikan tidak terlalu besar yakni hanya 1GB.

Untuk sistem operasinya sendiri, smartphone murah dari Evercoss ini masih berjalan dengan OS android 4.4 Kitkat. Sangat disayangkan OS yang disematkan sudah terlalu ketinggalan zaman. Untuk menyuplai tenaga terhadap komponen yang sudah dijelaskan di atas, hp android murah ini sudah dibekali baterai berdaya 2400 mAh.

Kamera 13MP dan 5MP

kamera-Evercoss-A66V

Kamera sebagai media untuk mengabadikan setiap momen langka ,menjadi fitur yang juga harus ada pada ponsel pintar. Oleh karena itu vendor asli Indonesia ini menyematkan kamera utama beresolusi 13 mega pixel, pada bagian belakang hp android murah tersebut.

Sementara itu di bagian depannya juga tersemat kamera beresolusi 5 mega pixel, namun kamera ini belum bisa diandalkan untuk melakukan foto selfie. Hal itu dikarenakan gambar yang dihasilkan masih cukup banyak noise-nya, dan belum dilengkapi LED flash.

Spesifikasi Evercoss A66V

SpesifikasiEverCoss A66V
PLATFORM
ChipsetMediaTek MT6582
CPUQuad Core 1.3 GHz
GPUMali-400MP2
RAM1GB
Internal Storage8GB
External StorageUp To 32GB
Sensor3D Gravity, Proximity, Light Sensor
BODY
Dimensi150.6mm x 76.9mm x 8.5mm
Berat162.3 gr
WarnaBlack, White
SCREEN
Jenis LayarIPS qHD
Ukuran5.5 inches
Resolusi940 x 540 Pixels
ProteksiNo
OS
AndroidAndroid 4.4 Kitkat
CAMERA
Kamera Belakang13 MP Auto Focus
Kemara Depan5.0 MP
NETWORK
Jenis SIM-
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G
Dukungan 4GNo
COMMS
WifiYes
BluetoothYes
OTHER
Port AudioYes
BateraiLi-Ion 2400 mAh

Harga Evercoss A66V

harga-Evercoss-A66V

Hp murah besutan Evercoss tersebut dibekali spesifikasi yang tergolong entry level, tentu saja banderol harganya juga tidak akan terlalu mahal. Smartphone ini sangat cocok untuk segmen pasar kelas menengah ke bawah, yang ingin membeli ponsel android tapi memiliki budget terbatas.

Smartphone murah asli Indonesia ini dibanderol seharga Rp.1,1 jutaan, tentu saja harga tersebut sepadan dengan spesifikasi yang ditwarkan.

Kesimpulan: Dari hasil review smartphone Evercoss A66V di atas, bisa disimpulkan bahwa hp android murah asli Indonesia tersebut memiliki kamera utama cukup besar. Sayangnya memori internal dan RAM yang disuguhkan masih terlalu kecil.