Oppo F1 Smartphone Keren Dengan RAM 3GB

Oppo F1 adalah salah satu ponsel pintar yang diproduksi oleh Oppo, yang merupakan vendor smartphone besar asal Cina. Perangkat ini dibekali spesifikasi yang cukup bagus, terutama dari segi RAM atau Random Access Memory.

RAM sendiri berfungsi sebagai ruang penyimpanan data sementara pada perangkat android, berbeda dengan memori penyimpanan internal yang bisa digunakan untuk menyimpan data secara permanen.

Oppo sebagai salah satu vendor gadget besar didunia, sangat giat dalam mengembangkan dan menciptakan produknya. Karena persaingan di dunia smartphone sangatlah sengit, jadi masing masing perusahaan harus memiliki inovasi terbaru pada produk mereka.

Untuk itulah vendor asal negeri tirai bambu tersebut merilis F1 pada bulan Januari tahun 2016, untuk memperkenalkan sebuah ponsel pintar dengan RAM sebesar 3GB, serta untuk membuktikan keseriusan mereka dibidang penciptaan dan pengembangan ponsel android.

Desain elegan berbalut metal

desain-oppo-f1

Dengan mengusung konsep unibodi dan baterai tanam yang tidak bisa dilepas, bodi hp ini dibalut dengan material berbahan dasar metal. Membuat hp android besutan Oppo ini semakin terlihat elegan. Dimensi bodi nya cukup tipis memiliki panjang 143.5 mm, lebar 71 mm serta ketebalan 7.3 mm.

Sebagai pusat antar muka, dibagian depan disisipkan layar berukuran 5.0 inci beresolusi 720 x 1280 pixels. Layar tersebut juga diberikan perlindungan menggunakan Corning Gorilla Glass 4, untuk meminimalisir goresan yang terjadi ketika layarnya bergesekan dengan benda keras.

Prosesor dukungan Qualcomm

prosesor-oppo-f1

Prosesor sebagai pusat pengolahan data dan aplikasi yang terinstal pada hp android, tentu saja menjadi bagian terpenting yang harus disediakan oleh vendor. Oleh sebab itu Oppo menyematkan chipset dari Qualcomm didalamnya, yaitu Snapdragon seri 616 CPU Octa-core 4×1.7 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53.

Untuk ruang penyimpanan data, smartphone ini dibekali juga dengan memori internal berkapasitas 16GB, namun bila kapasitas penyimpanan tersebut masih dirasa kurang, pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal hingga 128GB. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa menyimpan file ke dalam perangkat ini.

Diberikan juga dukungan RAM sebesar 3GB, yang pastinya akan membuat kegiatan multitasking jadi semakin mulus, tanpa khawatir akan terjadi lag ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Untuk sistem operasinya sendiri, perangkat ini sudah berjalan dengan OS Android versi 5.1 Lollipop, belum terlalu ketinggalan zaman bila dibandingkan Android versi 6 Marshmallow.

Baterai yang disematkan memiliki daya yang cukup besar yaitu 2.500 mAh, dengan daya sebesar itu bisa membuat masa pakai baterai sedikit lebih panjang.

Kamera beresolusi 13MP dan 8MP

kamera-oppo-f1

Untuk mendukung kebutuhan fotografi, terutama bagi pengguna yang senang mengabadikan momen langka pada kehidupan sehari hari, menggunakan kamera ponsel mereka.

Oppo menanamkan kamera beresolusi 13 mega pixel, dilengkapi phase detection autofocus untuk membuat objek foto fokus secara otomatis, serta LED flash berguna untuk mengambil foto lebih cerah meski diruangan minim cahaya.

Sementara itu di sisi depannya disematkan kamera beresolusi 8 mega pixel. Untuk mempermudah pengguna untuk berfoto selfie, karena hasil foto kamera ini memilki kualitas yang lumayan bagus. Serta bisa langsung dibagikan ke media sosial menggunakan fitur share yang sudah tersedia pada hp Oppo ini.

Oppo F1 Spesifikasi Lengkapnya

SpesifikasiOppo F1
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
CPUOcta-core (4x1.7 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
GPUAdreno 405
RAM3GB
Internal Storage16GB
External StorageUp To 256GB
SensorAccelerometer, proximity, compass
BODY
Dimensi143.5 x 71 x 7.3 mm (5.65 x 2.80 x 0.29 in)
Berat134 g (4.73 oz)
WarnaWhite/Gold
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~67.6% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
OS
AndroidAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
CAMERA
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Kemara Depan8 MP, f/2.0, 1/4" sensor size, 1080p
NETWORK
Jenis SIMNano SIM / Micro SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Po 2500 mAh battery

Harga Oppo F1 Terbaru Per 2017

Berbekal spesifikasi yang cukup mumpuni di sektor RAM dan kamera depan, tentu harga yang dibanderol setara dengan spek yang ditawarkan. Untuk memiliki smartphone ini kamu bisa menebusnya dengan harga Rp.3.4 jutaan. Tentu saja akan ada perbedaan harga di masing masing toko dan distributor.

oppo a37
Baca juga:
Oppo A37 Inilah Harga Beserta Spesifikasi Lengkapnya
Kesimpulan: Dari hasil review diatas, dapat disimpulkan bahwa Oppo F1 merupakan ponsel pintar dengan spesifikasi yang cukup bagus. Tapi baterai yang disematkan masih dirasa kurang, seharusnya hp android seharga itu sudah diberikan baterai paling tidak berdaya 3000 mAh.