Lenovo Phab2, Phablet Murah Harga 2 Jutaan

Lenovo Phab2 adalah ponsel android yang diproduksi oleh Lenovo, yang merupakan vendor smartphone asal Negeri tirai bambu. Perangkat android ini diciptakan untuk menyasar kalangan kelas menengah kebawah, karena harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Terutama bagi konsumen yang ingin memiliki smartphone, namun memiliki budget terbatas.

Sengitnya persaingan antara perusahaan yang memproduksi hp android belakangan ini, membuat Lenovo tidak mau ketinggalan dalam bersaing. Hal itu dibuktikan dengan dirilisnya Phab2 pada bulan Juni 2016. Ponsel pabrikan Lenovo ini memiliki spesifikasi yang sudah cukup bagus, sepadan dengan harga yang ditawarkan tentunya.

Layar super besar

desain-lenovo-phab2

Seperti namanya Phab2 yang diambil dari istilah phablet, tentunya smartphone ini dibekali layar super besar yakni 6.4 inci, bertipe IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi layar 720 x 1280 pixels. Tentu saja berbekal layar sebesar itu, akan menyulitkan pengguna saat menggenggam phablet tersebut.

Tapi sangat disayangkan, layar sebesar itu masih belum diberikan perlindungan kaca anti gores. Sehingga layarnya sangat rentan terhadap goresan, saat bersinggungan dengan benda keras. Untuk meminimalisir hal itu, pengguna bisa menambahkan sendiri kaca anti gores pada layarnya.

Prosesor dukungan Mediatek

prosesor-lenovo-phab2

Prosesor merupakan bagian paling penting dari sebuah ponsel android, karena perangkat keras tersebut berperan sebagai otaknya android, dan disitulah dilakukan pemerosesan semua data serta aplikasi yang terinstal pada perangkat. Oleh karena itu Lenovo membekali Phab2, dengan prosesor dari Mediatek seri MT8735, CPU Quad-core berkecepatan 1.3 GHz serta GPU Cortex-A53.

Sebagai ruang penyimpanan data, disematkan juga memori internal berkapasitas 32GB, ruang penyimpanan sebesar itu pastinya membuat pengguna lebih leluasa, untuk menyimpan filenya kedalam perangkat ini. Tapi bila kapasitas sebesar itu masih dirasa kurang, pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal hingga 256GB, namun slot memori yang disediakan menjadi satu dengan slot SIM 2.

Untuk sistem operasinya sendiri, smartphone ini sudah menggunakan OS terbaru dari Android versi 6.0 Marshmallow. Sebagai pendukung semua fitur pada Phab2, vendor dari Cina ini memberikan baterai berdaya 4.050 mAh. Dengan daya sebesar itu, pastinya membuat masa pakai baterai jadi lebih panjang.

Kemera beresolusi 13MP dan 5MP

kamera-lenovo-phab2

Sebagai penunjang aktifitas fotografi, bagi para pengguna yang senang mengabadikan, momen terindah dalam kehidupan sehari hari. Diberikan sebuah kamera pada bagian belakang hp beresolusi 13 mega pixel, dilengkapi phase detection autofocus untuk membuat objek foto fokus secara otomatis, serta LED flash untuk membantu mengambil foto yang cerah, meski dalam ruangan minim cahaya.

Tidak mau kalah dari sisi belakang, pada sisi depan juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 mega pixel, untuk memudahkan para pengguna yang senang berfoto selfie. Setelah itu mereka bisa membagikan foto selfienya tersebut ke media sosial, menggunakan fitur share foto yang sudah disediakan Phab2.

Lenovo Phab2 Spesifikasi Lengkapnya

SpesifikasiLenovo Phab2
PLATFORM
ChipsetMediatek MT8735
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP2
RAM3GB
Internal Storage32GB
External StorageUp To 256GB
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
BODY
Dimensi175 x 89.5 x 9.6 mm (6.89 x 3.52 x 0.38 in)
Berat225 g (7.94 oz)
WarnaGunmetal Grey, Champagne Gold
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.4 inches (~72.1% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~229 ppi pixel density)
ProteksiNo
OS
AndroidAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
CAMERA
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Kemara Depan5 MP
NETWORK
Jenis SIMMicro SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 a/b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 4050 mAh battery

Harga Lenovo Phab2 Terbaru Per 2017

Harga Lenovo Phab2 masih bisa dikatakan terjangkau, meski dibekali spesifikasi yang cukup bagus. Harga smartphone Lenovo ini berkisar USD $199, bila dikonfersikan ke rupiah sekitar Rp.2.7 Jutaan. Tentu harga yang ditawarkan sepadan dengan spesifikasi yang disuguhkan. Harga akan berbeda di masing masing toko dan distributor.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil review diatas, dapat disimpulkan bahwa, perangkat android pabrikan Lenovo ini, memiliki spesifikasi yang sudah lumayan bagus, dari segi kamera, memori internal dan RAM, sepadan dengan harganya.