Lenovo P2, Smartphone Sekaligus Powerbank

141

Sebagai salah satu produsen smartphone besar di dunia, Lenovo begitu gesit dalam mengembangkan produk mereka. Dengan diluncurkan nya Lenovo P2, membuktikan keseriusan mereka dalam menciptakan ponsel pintar. Vendor asal Cina ini membekali P2 dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, terutama disektor baterai yang terbilang sangat besar.

Selain baterai yang sangat besar, ponsel pintar tersebut juga bisa dialih fungsikan sebagai power bank, sehingga bisa mengisi daya perangkat lainmu. Smartphone besutan Lenovo ini dirilis pada bulan November 2016, pada ajang IFA 2016 di Jerman.

Untuk harganya sendiri masih belum diinformasikan, berapa kisaran harganya. Tapi perangkat android ini akan hadir dalam beberapa varian memori internal dan RAM. Tentunya harga yang ditawarkan juga akan ada perbedaan, terkait adanya beberapa varian tersebut. Kemungkinan ponsel Lenovo ini akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Layar Super AMOLED

desain-lonovo-p2

Perangkat android ini memiliki desain kelas premium, dengan menggunakan bahan dari metal untuk bodinya. Pada bagian depannya disematkan layar berukuran 5.5 inci, bertipe Super AMOLED capacitive touchscreen, beresolusi 1080 x 1920 pixels. Dengan tipe layar seperti itu, tentunya akan membuat gambar pada layar terlihat lebih jernih, dan warna yang dimiliki akan lebih tajam.

Untuk mencegah terjadinya goresan pada layar, Lenovo memberikan proteksi menggunakan Corning Gorilla Glass 3 pada layarnya. Sehingga dalam pemakaiannya, pengguna tidak perlu khawatir layar ponsel tersebut tergores, saat berbenturan dengan benda yang keras.

Prosesor Snapdragon seri 600

prosesor-lonovo-p2

Prosesor sebagai pusat pengolahan data serta informasi, merupakan bagian paling penting yang harus ada didalam hp android. Karena proseseor adalah otaknya smartphone, dan membuat kinerja ponsel jadi lebih optimal. Untuk itulah Lenovo menyematkan chipset dari  Qualcomm didalamnya, yakni Snapdragon seri 625.

Ruang penyimpanan juga sangat dibutuhkan pada sebuah perangkat android, karena disitulah pengguna bisa menyimpan file dan menginstal aplikasi favorit. Oleh karena itu vendor asal Cina ini membekalinya dengan dua varian memori internal berkapasitas 32GB dan 64GB.

Bila ruang penyimpanan tersebut masih dirasa kurang, masih bisa ditambahka lagi dengan memori eksternal hingga 128 GB, tapi slot yang disediakan menyatu bersama slot SIM 2.

Didukung juga dengan dua varian RAM sebesar 3GB dan 4GB, yang bisa membuat kegiatan multitasking jadi semakin mulus, tanpa khawatir terjadi lag ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Baterai yang disediakan juga sangat besar yakni 5.100 mAh, bisa dialih fungsikan juga menjadi power bank.

Kamera lumayan besar

kamera-lonovo-p2

Untuk mendukung kebutuhan fotografi, bagi pengguna yang senang mengabadikan momen terbaik. Disematkan kamera beresolusi 13 mega pixel pada bagian belakang, dilengkapi fitur phase detection autofocus untuk membuat objek fokus secara otomatis, dan dual-LED (dual tone) flash untuk membantu menghasilkan gambar lebih cerah meski dalam ruangan minim cahaya.

Dibagian depannya juga dipasang kamera beresolusi 5 mega pixel, untuk memudahkan pengguna melakukan foto selfie. Seperti yang sedang tren di media sosial saat ini. Resolusi yang dimiliki kamera depan memang belum terlalu besar, tapi gambar yang dihasilkan sudah cukup jelas.

Lenovo P2 Spesifikasi Lenngkapnya

Spesifikasi Lenovo P2
PLATFORM
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM 3GB / 4GB
Internal Storage 32GB / 64GB
External Storage Up To 128GB menggunakan slot SIM 2
Sensor Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BODY
Dimensi 153 x 76 x 8.3 mm (6.02 x 2.99 x 0.33 in)
Berat 177 g (6.24 oz)
Warna Champagne gold, Graphite gray
SCREEN
Jenis Layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches (~71.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
OS
Android Android™ 6.0.1, Marshmallow
CAMERA
Kamera Belakang 13 MP, f/2.0, 21mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kemara Depan 5 MP, f/2.2, 1080p
NETWORK
Jenis SIM Nano SIM
Jumlah SIM Singel SIM / Dual SIM
Jaringan SIM 2G/3G/4G
Dukungan 4G Yes
COMMS
Wifi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
OTHER
Port Audio Yes
Baterai Non-removable 5100 mAh battery

Harga Lenovo P2 Per 2017

Harga Lenovo P2 belum diinformasikan oleh pihak Lenovo sendiri. Namun bila inigin ditafsirkan, smartphone dengan spesifikasi speperti itu, tentu akan dibanderol dengan harga yang cukup mahal sekitar Rp.4.000.000 sampai dengan Rp.5.000.000, tapi mengingat ada beberapa varian RAM dan memori internal, pastinya akan ada perbedaan harga juga antara varian tersebut.

[bacajuga slug=”harga-dan-spesifikasi-moto-g4-plus”]

Kesimpulan: Dari hasil review di atas, dapat disimpulkan bahwa Lenovo P2 memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dari segi RAM, memori internal, prosesor, serta kamera. Namun sayang slot memori eksternal yang disediakan, menyatu dengan slot SIM 2. Bila pengguna ingin menambahkan memori eksternal harus mengosongkan slot SIM 2 terlebih dahulu.
73%
Awesome
  • Desain
  • Harga
  • Spesifikasi