Lenovo K6, Smartphone Murah Harga 2 Jutaan

Lenovo K6 adalah ponsel android pabrikan dari Lenovo, yang merupakan vendor smartphone asal Cina. Seiring dengan perkembangan teknologi, ponsel yang kita gunakan sehari hari juga terus ikut berkembang. Seperti yang Lenovo tawarkan pada perangkat ini, memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup bagus.

Perangkat android ini resmi dirilis pada bulan November 2016, membuktikan kesungguhan vendor ini dalam mengembangkan produk smartphonenya. Untuk bisa bersaing dipasar ponsel pintar dunia, bersama vendor besar lainnya seperti Xiaomi dan Meizu, yang sama sama berasal dari Cina.

Desain bodi dibalut metal

lenovo k6

 

Mengusung desain dengan konsep unibody, bodi ponsel ini dibalut material berbahan dasar metal. Membuatnya tampak elegan, dan sedap dipandang mata. Sebagai pusat antar muka, layar yang disematkan berukuran 5.0 inci, ukuran tersebut lebih kecil dibanding dengan Lenovo K6 Note, yang memiliki layar sebesar 5.5 inci.

Layar tersebut bertipe IPS LCD capacitive touchscreen, dan memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels. Namun sayangnya dengan ukuran layar sebesar itu, masih belum dilengkapi kaca anti gores, jadi layarnya rentan terkena goresan ketika bersinggungan dengan benda yang keras.

Sementara dibagian belakangnya, terdapat sensor fingerprint yang berfungsi sebagai fitur pengamanan. Sehingga hp android ini tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Prosesor Snapdragon seri 400

prosesor-lenovo-k6

Sebagai pusat pengolahan data, tentu saja prosesor sangat dibutuhkan pada sebuah perangkat smartphone. Karena prosesor yang membuat kinerja ponsel jadi lebih optimal. Oleh karena itulah pihak Lenovo menyematkan chipset dari Qualcomm Snapdragon 430, CPU Octa-core berkecepatan 1.4 GHz. Memang prosesor yang tanamkan merupakan generasi lama dari Snapdragon.

Ruang penyimpanan juga diperlukan pada sebuah ponsel android, karena dibagian itulah kamu dapat menyimpan file dan menginstal aplikasi favoritmu. Karena itulah vendor asal Cina tersebut memberikan dua varian memori internal berkapasitas 16GB dan 32GB, tapi varian ini tergantung dari regional pasar.

Bila ruang penyimpanan tersebut masih dirasa kurang, pengguna bisa menambahkannya dengan memori eksternal hingga 128GB. Namun slot yang disediakan bergabung dengan slot SIM 2, atau biasa disebut hybird.

Didukung juga dengan RAM sebesar 2GB, yang bisa membuat kegiatan multitasking jadi lebih mudah, dan tidak perlu khawatir terjadi lag saat menjalani beberapa aplikasi secara bersamaan.

Sistem operasi ponsel pintar ini, sudah berjalan dengan OS Android versi 6.0 Marshmallow, yang merupakan OS terbaru dari Android. Baterai yang disematkan juga memiliki daya cukup besar, yakni 3.000 mAh.

Kamera depan lebih besar

kamera-lenovo-k6

Berbeda dengan smartphone Lenovo lainnya, kamera depan yang ditanamkan memiliki resolusi yang lebih besar, yakni beresolusi 8 mega pixel. Agar para pengguna yang gemar befoto selfie jadi lebih leluasa melakukan hobinya itu, karena foto yang dihasilkan memiliki gambar yang lebih jelas, sehingga membuat foto selfie kamu jadi lebih menawan.

Sementara dibagian belakang, ditanamkan kamera beresolusi 13 mega pixel. Dilengkapi autofocus untuk membuat objek fokus secara otomatis, serta LED flash yang bisa membantu menghasilkan foto lebih terang, meski gambar diambil diruangan minim cahaya.

Lenovo K6 Spesifikasi Lengkapnya

SpesifikasiLenovo K6
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
RAM2GB
Internal Storage16GB / 32GB
External StorageUp To 128GB menggunakan slot SIM 2
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BODY
Dimensi141.9 x 70.3 x 8.2 mm (5.59 x 2.77 x 0.32 in)
Berat140 g (4.94 oz)
WarnaSilver, Gold, Dark Grey
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen
Ukuran5.0 inches (~69.1% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
ProteksiNo
OS
AndroidAndroid™ 6.0.1, Marshmallow
CAMERA
Kamera Belakang13 MP, autofocus, LED flash
Kemara Depan8 MP
NETWORK
Jenis SIMNano SIM
Jumlah SIMSingel SIM / Dual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP, LE
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable 3000 mAh battery

Harga Lenovo K6 Per 2017

Bila kita telusuri di beberapa toko online di Indonesia, memang belum ada yang menjual hp Lenovo jenis ini. Jadi harga yang dibanderol juga belum bisa dipastikan. Tapi dengan spesifikasi yang seperti sudah dijelaskan di atas, hp android ini bisa dihargai sekitar Rp.2.2 Jutaan. Mengingat ada dua varian memori internal, tentu saja ada perbedaan harga dari keduanya.

lenovo p2
Baca juga:
Lenovo P2, Smartphone Sekaligus Powerbank
Kesimpulan: Dari hasil review diatas, bisa disimpulkan bahwa Lenovo K6 memiliki spesifikasi yang cukup bagus, dari segi kamera, memori penyimpanan dan RAM. Kekurangan dari perangkat ini adalah, layar seluas 5.0 inci belum dilengkapi proteksi kaca anti gores. Prosesor yang diberikan juga sudah cukup lawas, mengingat Snapdragon sudah hadir dengan seri 600 serta 800.