Apple iPhone SE Spesifikasi Dan Harga Terbaru Per 2017

Apple iPhone SE adalah salah satu ponsel pintar yang diproduksi oleh Apple, vendor ini bermarkas di California. Sebagai salah satu perusahaan gadget terbesar di dunia, mereka sangat semangat dalam mengembangkan produk mereka. Terbukti dengan dirilisnya iPhone SE pada bulan Maret tahun 2016, dibekali spesifikasi yang pastinya terbaik di jajaran ponsel pintar.

Produk dari Apple memang banyak memikat hati konsumen, terutama bagi pengguna yang sangat fanatik terhadap gadget buatan vendor asal California itu. Karena memang semua produk yang mereka ciptakan, memiliki spesifikasi serta fitur berbeda dan ekslusif, dibandingkan dengan gadget buatan vendor lainnya.

Apple Inc sendiri pertama kali berdiri pada tanggal 1 April 1976, perusahaan tersebut bergerak dibidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi komputer desktop, laptop, smartphone serta aksesoris lainnya.

iPhone SE merupakan ponsel pintar milik Apple yang dibekali spesifikasi cukup mumpuni, tentu saja harga yang dibanderol juga cukup tinggi, mengingat bahan material yang digunakan pada perangkat ini tergolong material kelas satu.

Desain premium berbalut metal

desain-iphone-se

Sama seperti produk iPhone lainnya, iPhone SE ini juga mengusung konsep unibodi dengan baterai tanam yang tidak bisa dilepas. Bodinya sendiri dibalut dengan material berbahan dasar full metal, memberikan kesan elegan pada perangkat pintar ini. Dimensinya juga terbilang kecil memiliki panjang 123.8 mm, lebar 58.6 mm dan ketebalan 7.6 mm.

Anehnya dari ponsel ini adalah, dibagian depan yang merupakan pusat antar muka, layar yang disematkan justru berukuran lebih kecil dari smartphone terbaru saat ini, layarnya hanya berukuran 4.0 inci, beresolusi 640 x 1136 pixels. Dengan ukuran seperti ini memang perangkat tersebut lebih nyaman digenggam.

Tapi sayang layarnya masih belum diberikan proteksi menggunakan kaca anti gores, sehingga rentan sekali tergores bila bergesekan dengan benda keras.

Prosesor besutan Apple

prosesor-iphone-se

Prosesor memang sangat dibutuhkan pada sebuah smartphone, karena pada bagian itulah dilakukan pemerosesan data serta aplikasi yang terinstall pada hp, bisa dibilang juga kalau prosesor merupakan otaknya  ponsel pintar. Oleh karena itulah pada perangkat ini disematkan chipset Apple A9, CPU Dual-core berkecepatan 1.84 GHz.

Untuk menyimpan semua data serta aplikasi favorit pengguna, iPhone SE di bekali dua varian memori internal berkapasitas 16GB dan 64GB. Dengan kapasitas sebesar itu, memungkinkan pengguna lebih leluasa untuk menyimpan file mereka kedalam ponsel pintar ini. Tapi perangkat ini tidak menyediakan slot memori eksternal.

Didukung RAM sebesar 2GB, membuat kegiatan multitasking jadi semakin mulus, dan meminimalisir terjadinya lag ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

iPhone SE sudah berjalan dengan sistem operasi iOS 10, yang merupakan OS terbaik dari Apple. Baterai yang disematkan memiliki daya 1.624 mAh, meski daya yang diberikan terbilang kecil, tapi masa pakai baterainya cukup lama.

Kamera resolusi kecil berkualitas tinggi

kamera-iphone-se

Untuk mendukung aktifitas fotografi, terutama pengguna yang suka mengabadikan suatu momen langka, menggunakan kamera ponsel mereka. Apple menanamkan kamera berkekuatan 12 mega pixel pada bagian belakang. Dilengkapi phase detection autofocus untuk membuat objek foto fokus secara otomatis, serta dual-LED (dual tone) flash untuk membantu mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Sisi depan iPhone SE juga memiliki kamera dibagian depan beresolusi 1.2 mega pixel, meski resolusi yang diberikan sangat kecil, tapi foto yang dihasilkan sudah cukup bagus dan jelas. Karena memang kamera yang dimiliki iPhone merupakan kualitas nomor satu. Para pengguna yang senang berfoto selfie, pastinya bisa mengandalkan kamera depan smartphone ini.

Apple iPhone SE Spesifikasi Lengkapnya

SpesifikasiApple iPhone SE
PLATFORM
ChipsetApple A9
CPUDual-core 1.84 GHz Twister
GPUPowerVR GT7600 (six-core graphics)
RAM2GB
Internal Storage16GB / 64GB
External StorageNo
SensorTouch ID fingerprint sensor
Three‑axis gyro
Accelerometer
Proximity sensor
Ambient light sensor
BODY
Dimensi123.8 x 58.6 x 7.6 mm (4.87 x 2.31 x 0.30 in)
Berat113 g (3.99 oz)
WarnaSilver
Gold
Space Gray
Rose Gold
SCREEN
Jenis LayarLED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.0 inches (~60.8% screen-to-body ratio)
Resolusi640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density)
ProteksiNo
OS
AndroidiOS 10
CAMERA
Kamera Belakang12 MP, f/2.2, 29mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kemara Depan1.2 MP, f/2.4, 31mm, [email protected], face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
NETWORK
Jenis SIMNano SIM
Jumlah SIMSingel SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot
Bluetoothv4.2, A2DP, LE
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Po 1624 mAh battery (6.21 Wh)

Harga Apple iPhone SE

Semua orang pastinya sepakat, bahwa semua produk dari iPhone dihargai cukup mahal, terlebih untuk konsumen dengan budget terbatas. Karena memang iPhone menyasar pasar kalangan menengah keatas. Harga iPhone SE dibanderol pada angka USD $399, bila dikonfersikan ke rupiah sekitar Rp.5.4 jutaan. Mengingat tersedia dua varian memori internal, tentu saja harganya juga berbeda dari kedua varian tersebut.

Kesimpulan: Dari hasil review di atas bisa disimpulkan bahwa iPhone SE memiliki spesifikasi yang mumpuni, meski dibekali fisik yang berukuran kecil. Kekurangan dari ponsel pintar ini sama dengan semua seri iPhone lainnya, yakni tidak disediakan slot memori eksternal.