Harga Dan Spesifikasi Asus Zenfone Live ZB501KL

Masih di awal tahun 2017 ini Asus akan meluncurkan smartphone terbaru miliknya yakni Asus Zenfone Live ZB501KL. Vendor asal Taiwan ini memang tidak ada hentinya, dalam mengembangkan produk ponsel android milik mereka. Karena Asus juga tidak ingin kalah saing dengan produsen ansroid lainnya, karena saat ini persaingan dibidang smartphone bisa dibilang cukup ketat.

Dari spesifikasi dan harga yang ditawarkan pada Zenfone Live, terlihat Asus ingin menyasar pasar kelas menengah ke bawah. Karena pada segmen pasar itu banyak sekali konsumen yang bisa dicapai, sehingga penjualan dari perangkat pintar ini bisa lebih mudah mencapai target.

Desain yang berbeda dengan Zenfone terdahulu

desain-asus-zenfone-live

Seperti smartphone keluaran terbaru lainnya yang mengusung konsep unibodi, serta baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Bodi ponsel ini dibalut menggunakan material berbahan dasar metal. Sementara ukurannya juga tergolong besar dengan panjang 141.2 mm, lebar 71.7 mm, serta ketebalan 8 mm.

Pada bagian belakang dari hp keluaran Asus ini diletakan sebuah kamera utama, serta logo khas dari vendor tersebut. Tapi berbeda dengan tipe Zenfone terdahulu yang memiliki speaker di sisi belakang bagian bawah, speaker pada Zenfone Live diletakan tepat disisi bawah dari ponsel tersebut tepat disebelah port USB.

Sementara di sisi depan yang sekaligus menjadi pusat antar muka, diletakan layar berukuran 5.0 inci bertipe IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Dibekali layar seukuran itu pastinya dapat memanjakan mata pengguna saat menyaksikan video ataupun bermain game.

Namun sebagai proteksi pada layarnya, masih belum diketahui akan diberikan kaca anti gores atau tidak. Sebab pihak Asus sendiri masih belum meberikan informasi resmi tentang hal tersebut.

Prosesor entry level

prosesor-asus-zenfone-live

Prosesor sebagai pusat pengolahan data dan aplikasi yang telah terinstal di smartphone, tentu saja menjadi segmen paling penting dari sebuah ponsel android. Oleh sebab itu Asus menanamkan ke dalam Zenfone Live chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon seri 410. Prosesor ini memang tergolong entry level, tapi sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Sebagai ruang penyimpanan data pada ponsel, vendor tersebut memberikan Asus Zenfone Live dua varian memori internal berkapasitas 16GB dan 32GB. Jika kapasitas penyimpanan tersebut masih dirasa kurang, pengguna bisa menambahkannya menggunakan memori eksternal hingga 256GB.

Sementara itu untuk sistem operasinya sendiri, hp pintar ini sudah berjalan menggunakan OS terbaru dari android, yakni OS versi 6.0 (Marshmallow). Untuk memberikan dukungan terhadap semua fitur yang sudah dijelaskan tadi, Asus menyematkan juga baterai berdaya 2650 mAh ke dalam ponsel android ini. Sayangnya kapasitas baterai tersebut belum terlalu besar untuk sebuah smartphone.

Kamera dengan teknologi Livestream Beautifully

kamera-asus-zenfone-live

Di bagian belakang dari ponsel ini sudah disematkan kamera beresolusi 13 mega pixel, yang sudah dilengkapi autofocus dan LED flash. Sementara dibagian depannya juga diberikan kamera beresolusi 5 mega pixel, kamera depannya juga sudah dilengkapi fitur LED flash, sehingga bisa menghasilkan foto selfie yang bagus.

Yang menarik dari Zenfone Live adalah, seperti namanya smartphone ini memiliki teknologi Livestream Beautifully. Teknologi tersebut memungkinkan penggunanya tetap tampil cantik, saat melakukan siaran langsung (live streaming) di Facebook, Instagram, ataupun Snapchat.

Spesifikasi Asus Zenfone Live ZB501KL

SpesifikasiAsus Zenfone Live ZB501KL
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
RAM2GB
Internal Storage16/32GB
External StorageUp To 256 GB
SensorAccelerometer, proximity, compass
BODY
Dimensi141.2 x 71.7 x 8 mm (5.56 x 2.82 x 0.31 in)
Berat120 g (4.23 oz)
WarnaShimmer Gold/Rose, Pink/Navy Black
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~68.1% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Proteksi-
OS
AndroidAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
CAMERA
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash
Kemara Depan5 MP, f/2.2, 1.4 µm pixel size, autofocus, LED falsh
NETWORK
Jenis SIMNano-SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 2650 mAh battery

Harga Asus Zenfone Live ZB501KL

harga-asus-zenfone-live

Harga dari dari ponsel pintar ini memang belum diketahui, dikarenakan pihak Asus sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut tentang hal itu. Namun menurut kabar yang beredar bahwa Asus Zenfone Live akan dibanderol dengan harga $150 dolar Amerika atau sekitar Rp.2.1 jutaan. Harga ini masih cukup rasional, serta sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan.

asus zenfone 3s max
Baca juga:
Ini Harga Asus Zenfone 3s Max Dengan Baterai Super Besar
Kesimpulan: Dari hasil review diatas bisa disimpulkan bahwa Zenfone Live memiliki spesifikasi yang cukup bagus, dan sepadan dengan penawaran harganya. Namun baterai yang disematkan belum cukup besar.