Google Search Membuat Pendidikan Seni Jadi Lebih Interaktif

Google Search adalah hal yang sangat luar biasa dan spektakuler, begitu pula dengan Google Art and Culture yang juga sama hebatnya. Mengapa dikatakan demikian? Karena kedua layanan milik Google ini dapat saling bekerja sama untuk memberikan edukasi yang lebih mendalam terhadap para penggunanya.

Akan lebih baik jika mereka mengadakan kerja sama dengan cara yang menyenangkan serta mendidik. Dan ternyata mereka dapat melakukan hal tersebut. Google Search dan Google Art and Culture, menjalin kerja sama untuk memberikan edukasi tentang seni dan budaya yang lebih mendalam kepada masyarakat.

Semua ini mereka lakukan agar dapat memberi pendidikan tentang seni dan budaya bagi masyarakat. Namun layanan milik Google ini, dapat menyajikan pengetahuan tentang seni serta budaya, melalui cara dan metode yang menyenangkan. Meskipun begitu, cara yang mereka gunakan juga tidak mengurangi nilai pengetahuan dari seni dan budaya yang mereka sampaikan.

Kolaborasi Google Search dan Google Art and Culture

Google Search Membuat Pendidikan Seni Jadi Lebih Interaktif 1
source: lettresnumeriques

Pada blog khusus miliknya, Google telah mengumumkan bahwa kata kunci pencarian dan pembelajaran tentang seni, sekarang jadi lebih interaktif. Mungkin sebelumnya, pengguna bisa mendapatkan potongan informasi yang dicari, dan sudah bisa dipahami.

Namun kali ini Google Search bekerja sama dengan Google Art and Culture, untuk membuat pencarian informasi jadi lebih baik. Kini dalam menggunakan satu kata kunci dalam pencarian, pengguna dapat menemukan informasi lebih mendetail dari konten yang dicari.

Jika kita mencari informasi tentang seorang artis, maka kita bisa mendapatkan ikhtisar tentang kehidupan mereka. Kita juga bisa melihat panel foto beresolusi tinggi dari karya mereka, dan bahkan melihat dimana seni mereka dipajang saat ini.

Jika pengguna tidak ada waktu untuk melakukan kunjungan ke museum, pengguna dapat beralih ke Google Street View. Untuk kemudian pengguna dapat melakukan tur museum secara virtual. Dengan begitu pengguna bisa merasa seperti berada di museum secara nyata, dan dapat menikmati karya seni lebih dekat secara pribadi.

Google Search, pendidikan seni dengan cara yang menyenangkan

Saat pengguna berjalan, maka informasi singkat dari benda-benda seni tersebut akan muncul. Pengguna juga bisa mengklik pada karya seni yang diminati, untuk melihatnya lebih dekat. Selain menggunakan komputer, pengguna juga bisa melakukan tur museum ini hanya dengan menggunakan smartphone.

Untuk melakukan ini, Google telah memindai lebih dari 15.000 keping benda seni di museum yang ikut berpartisipasi di seluruh dunia. Mereka menggunakan pembelajaran mesin untuk mengindeksnya, serupa dengan bagaimana Google photos memungkinkan pengguna mencari orang, tempat, atau benda.

Seluruh proses yang diterapkan Google Search ini, hampir secara keseluruhan berjalan secara otomatis. Sehingga pencarian akan lebih mudah, dan informasi yang didapat dari hasil pencarian jadi lebih akurat.