Cara Menambahkan Google Search Di Taskbar Windows 10

Pengguna komputer pasti lebih sering menggunakan Google sebagai mesin pencari, karena lebih familiar dan lebih populer. Selain itu mesin pencari Google juga memiliki referensi yang lebih banyak. Pada Windows 10 tersedia menu search pada taskbar, tapi search engine yang digunakan adalah Bing. Lalu bagaimana cara menambahkan Google Search di taskbar Windows 10?

Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini memang menghadirkan kotak pencarian pada taskbar-nya. Kita bisa menggunakannya untuk mencari file yang terdapat di dalam komputer, ataupun melakukan pencarian di website.

Bila kita menggunakan kotak pencarian itu, maka browser yang digunakan adalah Microsoft Edge. Sementara untuk mesin pencarinya menggunakan Bing. Tapi kita bisa merubah mesin pencarian itu, dari Bing menjadi Google Search melalui menu pengaturan.

Cara Menambahkan Google Search Di Taskbar Windows 10

google-search-di-taskbar

Kali ini kita akan membahas cara merubah default search engine pada taskbar Windows 10, dari bing menjadi Google Search. Karena banyak pengguna komputer lebih senang menggunakan mesin pencari milik Goggle.

Mari kita simak bersama-sama cara merubah default search engine Bing jadi Google, pada Taskbar Windows 10.

1. Download dan instal program Google Chrome pada komputer kita

chrome-google-search-di-taskbar

Langkah pertama download dan pasang dulu Google Chrome pada komputer kita, untuk bisa menjadikannya sebagai default browser.

2. Merubah default search engine pada komputer

default-apps-google-search-di-taskbar

Bila browser Chrome sudah terpasang di komputer kita, langkah selanjutnya adalah merubah default search engine pada komputer. Pertama buka Start Menu > Setting > System > Default Apps.

Nantinya akan muncul sebuah jendela yang menampilkan program default pada komputer. Lalu pada bagian Web Browser kita bisa memilih Google Chrome, sebagai default web browser di komputer kita.

3. Download Bing to Chrome extention

bing2chrome-google-search-di-taskbar

Setelah kita menetapkan Google sebagai default search engine pada komputer, kemudian kita harus mendownload Bing to Chrome extention pada browser Chrome.

Pertama buka browser Chrome, lalu buka Chrome Web Store. Kemudian cari dan instal extention Bing2Chrome pada browser itu. Extention ini nantinya akan mengalihkan mesin pencarian dari  Bing ke Google.

Sekarang setiap kali kamu menggunakan kotak pencarian pada Taskbar di Windows 10, maka kamu akan diarahkan menggunakan mesin pencarian milik Google.

Merubah default search engine pada Microsoft Edge

Selain cara di atas, kita juga bisa melakukan cara alternatif berikut ini.

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Buka mesin pencarian Google atau Google Search.
  3. Setelah itu, masuk ke Menu Setting > View Advance Setting.
  4. Cari opsi Search In The Address Bar With, dibawahnya ada kotak pilihan change. Kemudian jadikan Google sebagai default search engine.

Itulah cara menambahkan Google Search pada Taskbar Windows 10, agar pencarian dapat dilakukan secara default dengan mesin pencari milik Google.