Google Perkenalkan YouTube Go, Streaming Video Jadi Hemat Kuota

Google perkenalkan YouTube Go, sebuah aplikasi streaming video yang hemat kuota paket internet. Google menyediakan layanan ini, untuk memberikan kenyamanan para penggunanya. Seperti yang kita ketahui saat ini, video yang ada di YouTube memiliki resolusi dan kualitas yang tinggi. Jadi bila pengguna melakukan streaming video dari smartphone akan sangat boros kuota.

Hal inilah yang ingin ditekan oleh pihak Google, mereka mengininkan pengguna tetap setia menggunakan layanan mereka. Tapi Google mencari cara agar pengguna tetap nyaman melakukan streaming tanpa harus takut kehabisan kuota. Sementara bila menggunakan YouTube Go, pengguna akan lebih hemat kuota karena video yang tersedia bisa diputar secara offline.

Google Perkenalkan YouTube Go

google perkenalkan youtube go
source: pocketmeta

Menyaksikan video beresolusi tinggi, memang memerlukan sumberdaya yang besar, seperti jaringan internet yang cepat dan stabil. Sementara untuk jaringan internet dibeberapa negara-negara berkembang, tidak secepat di negara-negara maju. Pengguna membutukan koneksi internet yang cepat dan stabil, agar bisa menikmati streaming video kualitas bagus.

Untuk itulah Google memperkenalkan aplikasi YouTube Go, sehingga pengguna bisa menikmati streaming video tapi tetap hemat kuota. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang didesain secara khusus, agar bisa menghemat kuota data. Bahkan Google memiliki selogan untuk aplikasi YouTube Go, yakni “offline first”, jadi aplikasi ini memang sangat mendukung streaming video secara offline.

Fitur yang terdapat pada aplikasi streaming video ini antara lain:

  • Pengguna dapat memilih untuk streaming video secara online atau langsung mengunduhnya.
  • Semua video yang disediakan, memiliki preview singkat yang bisa dilihat sebelum disaksikan.
  • Pengguna bisa membatasi berapa banyak kuota data yang akan digunakan oleh video tersebut.
  • Pengguna juga dapat menyimpan video ke dalam memori eksternal.
  • Pengguna bisa mengirim video ke perangkat lain tanpa menggunakan internet.
  • Aplikasi ini juga mendukung sistem operasi lawas, bahkan Android Jellybean.

Sebenarnya fitur mengunduh dan transfer video secara offline yang dimiliki aplikasi ini, dapat memicu terjadinya pembajakan hak cipta. Karena video yang telah diunduh dapat disebarluaskan, tanpa memerlukan izin khusus.

Namun tanpa menggunakan YouTube Go pun, pembajakan konten video juga tetap akan terjadi. Tapi yang pasti Google juga sudah menyiapkan langkah pengamanan, untuk menghindari pembajakan video semacam itu.

Beberapa waktu lalu Google juga baru meluncurkan layanan terbaru mereka yang disebut YouTube TV. Layanan terbaru dari Google ini memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan TV berbayar, dan menawarkan banyak pilihan channel.