Google Mengakuisisi Spotify Seharaga Rp.542,9 Triliun

Rumor yang mengatakan bahwa Google mengakuisisi Spotify, sebenarnya sudah beredar beberapa bulan lalu. Namun pada hari senin 3 April 2017 kemarin, pihak Google telah memberikan pernyataan resmi, bahwa mereka akan mengakuisisi Spotify dengan mahar sebesar Rp.542,9 triliun. Pengumuman ini mereka sampaikan melalui Wall Street Journal.

Langkah ini mereka ambil, agar Google bisa mendapatkan posisi kuat di industri musik, dan sekaligus dapat menandingi rivalnya yakni Apple Music. Pengguna Apple Music sendiri memang cukup banyak, karena layanan ini tergolong eksklusif bagi para pengguna produk Apple saja.

Selain itu, para pengguna Apple akan memberikan loyalti ke perusahaan, ketika mendownload lagu ataupun streaming melalui aplikasi Apple Music. Hal inilah yang ingin dinikmati oleh Google, karena pengguna smartphone saat ini lebih banyak yang memilih streaming musik ketimbang mendownload lagu.

Google Mengakuisisi Spotify

google mengakuisisi spotify

Anak perusahaan Google seperti YouTube dan Alphabet saat ini sedang berjuang untuk membuat dampak yang signifikan pada sektor streaming musik. Dengan akuisisi Spotify yang dilakukan Google, tentu saja dapat menambah jumlah penggunanya. Karena Spotify saja saat ini sudah memiliki pengguna mencapai 50 juta orang, dengan akun premium.

Dengan adanya akuisisi yang dilakukan Google ini, mereka juga berkeinginan mendesain ulang lagi program royalti. Diharapkan salah satu perusahaan teknologi tersebut akan menghilangkan metode pembayaran konvensional, dan dapat memaksimalkan Monetisasi untuk Alphabet.

Meskipun begitu, masih belum diketahui apa yang akan terjadi dengan Spotify setelah di akuisisi oleh Google. Langkah ini merupakan akuisisi termahal, yang pernah dilakukan oleh Google. Dan sangat terlihat, perusahaan teknologi tersebut ingin mengambil keuntungan dari pelanggan premium yang sudah dimiliki Spotify.