Teknobos
Tech in Touch

Sekarang Google Maps Bisa Melacak Perjalanan Teman Kita

Biasanya bila kita berjanji dengan teman, terkadang terkendala dengan waktu, baik itu karena macet atau kita yang terlambat datang. Kalau saat ini kita masih bisa berbohong, dengan mengatakan 15 menit atau 30 menit lagi kita akan tiba di lokasi. Tapi nantinya Google Maps bisa melacak perjalanan kita, dan dibagikan ke teman kita, sehingga kita tidak bisa berbohong lagi soal waktu.

Jadi teman kita bisa mengetahui, kita sedang dalam perjalanan secara realtime, dan teman kita juga bisa melihat berapa lama estimasi waktu kita tiba di lokasinya. Dengan begitu kita tidak bisa berbohong lagi dengan mengatakan OTW, sebab nantinya perjalanan kita akan bisa dilihat secara realtime dari smartphone teman kita.

Google Maps Bisa Melacak Perjalanan

google-maps-bisa-lacak-perjalanan

Fitur pelacakan secara realtime ini sebenarnya sudah  diterapkan oleh beberapa aplikasi transportasi online seperti Uber Grab dan Gojek. Dimana kita bisa melihat perjalanan driver menuju lokasi kita berada saat itu. Kita juga dapat meilihat estimasi waktu yang dibutuhkan driver untuk tiba di lokasi tersebut.

Fitur ini tidak hanya memudahkan kita dalam membuat janji dengan teman, tapi juga bisa menambah rasa percaya kita terhadap teman kita. Fitur terbaru dari Google Maps ini sangat berguna bagi kita yang sering telat, dan mengajarkan kita untuk lebih tepat waktu bila ada janji dengan orang lain.

Cara kerja fitur pelacak Realtime Google Maps

fitur-baru-google-maps-bisa-lacak-perjalanan

Untuk membuat Google Maps bisa melacak perjalanan kita sangatlah mudah, kita tinggal membuka aplikasinya dan jangan lupa mengaktifkan GPS pada smartphone kita. Nantinya akan ada titik biru pada maps, yang menunjukan lokasi terkini dari kita saat itu. Kemudian kita bisa tekan titik biru tersebut, lalu geser menu disamping kiri dan pilih share location.

Setelah memilih share location, nanti akan muncul estimasi waktu perjalanan kita. Kemudian kita bisa memilih ingin membagikan realtime location kepada siapa. Nantinya teman kita akan menerima notifikasi, dan bisa melihat posisi kita diperjalanan secara realtime.

Fitur pembagian lokasi dengan cara realtime ini akan segera hadir, untuk pengguna aplikasi Google Maps di seluruh dunia secara bertahap. Sementara untuk para pengguna di Indonesia, kabarnya akan mendapat bagian pembaruan aplikasi dalam beberapa pekan ke depan.