Google Maps Pada Android Dirombak, Apa Aja Sih Yang Berubah?

Google memberikan pembaruan terhadap aplikasi penunjuk jalan miliknya yaitu Google Maps. Pembaruan tersebut menghasilkan beberapa perombakan pada penampilan antar muka dari aplikasi ini. Perubahan paling signifikan terjadi pada tata letak kolom menu aplikasi tersebut. Tampilan baru ini berfokus pada penyajian informasi secara real time.

Bagi pengguna yang membuka versi baru Maps ini, akan langsung disambut dengan menu yang terletak pada bagian bawah layar. Menu itu berisi tiga kolom yang memuat fitur utama dari Maps. Isi menunya adalah indeks lokasi, petunjuk arah perjalanan dan petunjuk angkutan umum.

Isi Kolom Menu Utama Google Maps Terbaru

menu-google-maps

1.Kolom indeks lokasi

Pada menu ini pengguna akan menemukan rekomendasi berbagai restoran, cafe ataupun tempat makan terdekat dari lokasi pengguna berada. Tidak hanya itu kolom ini juga akan menampilkan informasi lokasi ATM serta pusat pengisian bahan bakar kendaraan.

Kolom ini juga dapat menampilkan lokasi apotek serta pusat grosir atau supermarket yang berdekatan dari lokasi pengguna. Tentu saja fitur ini akan lebih memudahkan para pengguna dalam mencari suatu lokasi sesuai kebutuhan mereka.

2.Kolom penunjuk arah perjalanan

Bagi pengguna yang telah menentukan alamat kantor dan alamat rumahnya pada aplikasi Google Maps. Dapat menemukan informasi tersebut persis di bawah kolom petunjuk arah perjalanan. Informasi yang ditampilkan itu juga akan dilengkapi kondisi lalu lintas terbaru, jalur alternatif serta perkiraan waktu tempuh untuk mencapai lokasi tersebut.

Tentu saja fitur ini dapat memberi kemudahan bagi pengguna dalam merencanakan perjalanannya. Mereka juga bisa menentukan jalur mana yang akan dilewati agar tidak terkena kemacetan lalu lintas. Sehingga bisa membuat perjalanan mereka jadi lebih menghemat waktu.

3.Kolom petunjuk angkutan umum

Sementara itu pada kolom terakhir, akan menampilkan informasi mengenai angkutan umum apa saja yang dapat digunakan untuk menuju alamat kantor ataupun rumah kamu. Saat ini Google Maps juga sudah teriintegerasi dengan layanan ojek serta taksi online seperti Uber, Grab dan GoJek.

Jadi bila kamu menetukan ingin menggunakan salah satu angkutan berbasis online tersebut. Pada kolom ini akan ditampilkan kisaran ongkos yang harus dibayarkan. Di tampilan petanya juga kamu bisa melihat driver ojek atau taksi online yang berada di dekat kamu.

transport-google-maps

Dengan adanya pembaruan ini pastinya membuat para pengguna aplikasi ini lebih mudah dalam melakukan perjalanan. Seperti yang disampaikan Product Manager Google Maps, Marcus Lowe.

“Cukup usap layar ke atas dan Anda akan melihat tiga kolom yang akan membantu menemukan restoran terdekat, menyiasati kemacetan atau menemukan angkutan umum ke arah tertentu”

Jadi mulai saat ini pastikan aplikasi Maps kamu sudah diperbarui ya. Agar perjalanan kamu jadi lebih mudah dan menyenangkan.