Google Lens Teknologi Terbaru Dari Google

Pada ajang konfrensi pengembang Google I/O, CEO Sundar Pichai mengumumkan sebuah teknologi baru yang disebut Google Lens. Ide dari produk ini untuk memanfaatkan pengelihatan komputer serta teknologi AI, agar dapat menghadirkan kecerdasan secara langsung ke kamera ponsel pengguna.

Teknologi yang ditawarkan oleh Google ini terbilang menakjubkan, karena dapat membuat kamera ponsel menjadi smart camera. Hanya dengan memindai suatu objek dengan kamera smartphone, maka kamera tersebut akan menampilkan informasi dari objek tersebut.

Google Lens Diperkenalkan Di Ajang Google I/O 2017

Google Lens Teknologi Terbaru Dari Google
source: youtube

Kamera smartphone tidak hanya akan melihat apa yang dilihat oleh pengguna, tapi juga akan mengerti apa yang pengguna lihat. Selain itu teknologi ini akan menampilkan informasi, yang dianggap relevan dengan objek bidikan kamera tersebut. Sehingga bisa mendapatkan secara langsung informasi terkait dari objek tersebut.

Pada ajang tersebut CEO Google memamerkan bagaimana Google Lens mengidentifikasi objek bunga yang akan difoto. Pada contoh lain Pichai menunjukan fungsi lain tekonolgi ini, teknologi terbaru dari Google ini dapat menghubungkan pengguna ke jaringan WiFi rumah, hanya dengan memindai gambar stiker router.

Dalam kasus ini, Google Lens dapat mengidentifikasi sandi jaringan WiFi, dan akan menawarkan pengguna untuk menekan tombol Connect dan terhubung otomatis.

Sementara pada contoh yang ketiga Pichai menunjukan, bahwa teknologi terbaru Google ini dapat menampilkan informasi dari sebuah etalase toko yang dipindai. Ketika kamera memindai etalase toko, maka kecerdasan lensa tersebut akan menampilkan nama toko, rating, dan informasi lain terkait bisnis tersebut.

Google Lens menghadirkan kecerdasan komputer pada kamera ponsel

Google Lens Teknologi Terbaru Dari Google 2
source:

Teknologi ini pada dasarnya dapat megubah fungsi pasif dari sebuah kamera, menjadi alat indentifikasi suatu objek. Masih pada demonstrasi itu, Google menunjukan akan mengintegrasikan Google Lens dengan Google Asisten. Sudah menjadi suatu hal wajib bagi perusahaan ini, untuk saling mengintegrasikan antar sesama produknya.

Melalui tombol baru pada Google Asisten, pengguna akan dapat membuka Google Lens. Selain itu pengguna juga bisa memasukan foto ke dalam peracakapan, dengan menggunakan Google Asisten. Kemudian Lens dapat memproses yang berupa file foto.

Perusahaan ini juga menunjukan bagaimana Asisten dan Lens dapat terintegrasi. Pada demonstrasi tersebut seorang pria membawa kameranya hingga ke sebuah acara konser. Lalu pria tersebut memindai banner acara itu, dan meminta Google Asisten untuk memasukan informasi tersebut ke dalam fitur kalender.

Tak sampai disitu saja, pria tersebut juga mengarahkan kameranya ke sebuah tulisan berbahasa Jepang. Ternyata Lens dapat menterjemahkan tulisan dalam huruf Jepang tersebut. Dengan hadirnya teknologi terbaru dari Google ini, sudah pasti dapat membuat kamera smartphone menjadi sebuah perangkat yang pintar.