Teknobos
Tech in Touch

Kurang Diminati, Google Akan Menghilangkan Fitur SMS Pada Hangouts

Setelah sekian lama aplikasi Hangouts diluncurkan sejak beberapa tahun lalu, sepertinya fitur sms pada Hangouts tidak terlalu banyak peminatnya. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya aplikasi chatting gratis lain, seperti WhatsApp, BBM, Line dan yang lainnya.

Selain itu, fitur sms pada smartphone sendiri, saat ini sudah banyak ditinggalkan, karena pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi chatting. Karena fitur sms masih dikenakan biaya pulsa setiap melakukan pengiriman pesan, sementara aplikasi chatting hanya memerlukan jaringan internet. Sehingga pemakaian fitur sms pada ponsel sudah jarang digunakan.

Google Akan Segera Hilangkan Fitur SMS Pada Hangouts

fitur-sms-pada-hangouts

Aplikasi Hangouts sendiri memang memiliki kelebihan, yani dapat terintegrasi dengan fitur sms pada ponsel. Jadi hanya dengan satu aplikasi, kita bisa menikmati fitur sms dan chatting sekaligus. Tapi sayangnya semakin banyak hadir aplikasi cahtting terbaru, membuat fitur sms di Hangouts jadi kurang fungsional.

Untuk itulah Google berencana akan segara menghilangkan fitur sms dari aplikasi chatting milik mereka. Direncanakan pihak Google akan menghilangkan fitur sms ini pada 22 Mei mendatang, kemudian mereka akan berfokus terhadap fitur chatting dan video call yang dimiliki aplikasi tersebut.

Fitur SMS pada Hangouts kurang diminati

google-hapus-fitur-sms-pada-hangouts

Langkah ini mereka ambil, agar dapat membuat para pengguna lebih fokus pada fitur utama milik Hangouts. Karena fitur chatting saat ini memang menjadi kebutuhan premier bagi para pengguna smartphone. Agar bisa saling berkomunikasi dengan teman atau kerebat yang tinggalnya berjauhan, tanpa harus menghabiskan banyak pulsa.

Sementara bila menggunakan fitur sms, akan dikenakan biaya pengiriman pesan yang cukup mahal. Terlebih lagi bila nomor yang dituju berbeda dengan operator yang kita gunakan. Oleh sebab itulah pengguna smartphone lebih memilih aplikasi chatting ketimbang menggunakan sms.

Hangouts sendiri adalah aplikasi chatting dari Google, yang memiliki beragam fitur seperti pengiriman pesan, gambar, voice call, dan bahkan bisa juga digunakan untuk video call. Tentu saja tanpa dikenakan biaya tambahan alias gratis, hanya bermodalkan jaringan internet saja.

Meskipun teman atau kerabat kita berada di belahan dunia lain, kita tetap bisa menjaga komunikasi menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu bila menggunakan aplikasi chatting  seperti Hangouts, semua pesan yang kita kirim akan lebih cepat sampai pada penerima. Dan yang tidak kalah pentingnya, kita tidak perlu membayar biaya pengiriman pesan dengan pulsa.