Google Gboard Bisa Prediksi Emoji Dari Gambar

Google Gboard – Pembaruan datang untuk aplikasi keyboard besutan Google yang disebut Gboard. Kali ini pembaruan yang diberikan lebih mengarah untuk menambahkan pengalaman pengguna. Aplikasi keyboard besutan Google ini memang tidak berhenti mendapatkan pembaruan, yang membuatnya jadi semakin canggih.

Pada beberapa waktu sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa Gboard mendapatkan update dari segi fungsi. Dimana pada pembaruan sebelumnya, Google telah menambahkan fitur Translate dan Google Search ke dalam Gboard. Namun tidak berhenti sampai disitu saja, pasalnya kali ini mereka menambahkan kemampuan dari aplikasi keyboard buatan mereka.

Google Gboard Dapat Prediksi Emoji Lewat Gambar

Google Gboard Bisa Prediksi Emoji Dari Gambar
source: androidauthority

Seperti yang tertera pada judul artikel ini, Google Gboard kali ini memiliki kemampuan untuk memprediksi emoji. Ketika kita menggunakan keyboard handwriting dalam mengetik teks, kita  juga bisa menggambar bentuk emoji yang kita inginkan. Nantinya Gboard akan menganalisa, dan mencarikan emoji mana yang hampir serupa dengan gambar yang kita buat pada papan keyboard.

Keyboard ini sudah menggunakan sistem pembelajaran mesin, yang berjalan dengan algoritma komputer. Algoritma tersebut yang membuat Gboard, dapat memprediksi kata-kata apa yang selanjutnya ingin diketikkan pengguna. Terkait dengan fitur pencarian Google dan penterjemah otomatis, perusahaan teknologi raksasa ini masih melakukan pengembangan lebih lanjut.

Google masih mengupdate aplikasi keyboard android ini, dan mereka baru saja menambahkan kemampuan untuk memprediksi emoji dari gambar. Selain itu, pembaruan yang diberikan juga dapat meramalkan ungkapan-ungkapan penuh, berdasarkan apa yang kita ketik selama ini.

Google Gboard juga dapat memprediksi satu frase

2 Google Gboard Bisa Prediksi Emoji Dari Gambar
source: androidcentral

Ada pertanyaan yang cukup membingungkan, mengapa pengguna harus menggambar emoji, jika mereka bisa menekan pilihan emoji yang tersedia?

Dilansir dari Android Authority, diperkirakan langkah yang Google ambil semata-mata untuk memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya. Dimana fitur tersebut hanya akan menjadi sebuah pilihan yang menyenangkan. Selain itu, mungkin Google juga akan menggunakan data tersebut, untuk memahami hasil gambar tangan manusia.

Hal ini hampir sama dengan yang pernah terjadi pada bulan November tahun 2016 lalu. Ketika itu Google meminta pengguna untuk menggambar suatu objek, serta menebak apa yang akan didapatkan melalui permainan Quick Draw.

Setidaknya Google Gboard dapat memudahkan pengguna, dalam memanggil emoji yang sulit dicari. Selama pengguna menghafal bentuk emoji-nya, pengguna dapat menggambarkan bentuknya untuk mendapatkan emoji yang dimaksud.

Kemampuan terbaru lainnya yang dimiliki oleh Google Gboard yakni, aplikasi android ini dapat memprediksi frase penuh, tidak sekedar kata berikutnya saja. Hal ini akan sangat berguna, karena secara teoritis dapat memprediksi satu kalimat, setelah memasukan kata pertama.