Google, Amazon, dan Apple Siap Akuisisi Chipset Toshiba

Akuisisi Chipset Toshiba – Perusahaan besar Apple, Amazon dan Google dilaporkan menaruh minat terhadap pembelian unit bisnis Toshiba yang memproduksi komponen chipset. Selain mereka perusahaan teknologi tersebut, masih ada perusahaan lain yang juga memiliki minat sama.

Perusahaan pemenang nego akan memiliki bisnis chip terbesar di belakang Samsung. Divisi chipset Toshiba menghasilkan untung 25% dari total pendapatan perusahaan sebesar USD 50,9 miliar. Peluang untuk bisa akusisi chipset Toshiba masih terbuka lebar sampai akhir bulan April ini.

Siapakah Pemenang Akuisisi Chipset Toshiba?

Belum tau ketiga perusahaan tersebut menawarkan harga untuk meng-akuisisi toshiba tersebut, tapi mereka akan bersaing ketat dengan perusahaan AS, Silver Lake Partners dan pembuat chip AS Broadcom Ltd yang menawarkan toshiba sekitar 2 Triliun yen (Rp 240 triliun).

perusahaan-akuisisi-chipset-toshiba

Selain itu, Western Digital Corp yang mengoperasikan pabrik chip di Jepang juga sangat berminat untuk akuisisi chipset milik toshiba tersebut. Jawabannya masih mununggu keputusan dari pihak Toshiba, perusahaan mana yang mendapatkan akuisisi chipset Toshiba.

Tetapi Toshiba masih memiliki catatan merah, perusahaan asal Jepang itu diprediksi masih akan mendapatkan penurunan untung sebesar USD9 miliar di tahun ini. Hanya saja, di bisnis chipset keuangan Toshiba masih terbilang stabil. dengan menjual aset yang memiliki nilai cukup tinggi itu, diperkirakan Toshiba bakal menerima dana segar yang bisa menyelamatkan krisis keuntungannya.

Google, Apple dan Amazon masih memiliki peluang untuk menyalip Foxconn. Jika memenangkan persaingan tersebut, Google dan Amazon akan menggunakan chipset Toshiba untuk layanan cloud miliknya. Kita tunggu saja kabar terbaru dari penawaran setiap perusahaan dan yang akan disetujui oleh pihak Toshiba.

Info: Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar.