Pengembang Spider Man: Kamu Tidak Bisa Membunuh Musuh

Pengembang dari game konsol Spider Man mengatakan, “Kamu tidak bisa membunuh lawan, dengan cara melemparnya dari gedung pencakar langit”. Pernyataan ini disampaikan oleh pengembang game PS4 tersebut di acara Sony E3 2017, melalui video game play berdurasi sekitar 9 menit yang diputar pada acara itu.

Bila diperhatikan lebih jelas, ada satu segmen dalam video tersebut yang memperlihatkan Spider Man melempar lawannya dari gedung pencakar langit. Namun Spider Man justru mengecoh lawannya, dengan tidak benar-benar melempar musuhnya dari atas gedung. Manusia laba-laba itu justru menarik kembali musuhnya dengan jaring, lalu menghempaskannya ke lantai.

Spider Man di PS4 Tidak Mengizinkan Pemain Membunuh Orang

Hal tersebut memang sengaja telah disekenariokan oleh pengembang game tersebut. Bryan Intihar, selaku direktur kreatif Insomniac Games menjelaskan, bahwa game tersebut tidak akan membiarkan pemain menggunakan kemampuan Spidey untuk membunuh penjahat. Bukan hanya penjahat, karakter manusia lainnya yang hadir dalam game ini juga tidak diperbolehkan untuk dibunuh.

spider man ps4
source: vox-cdn

Kami tidak akan membiarkan hal tersebut, “ujar Intihar. “Marvel tidak akan mengizinkan hal itu, dan dunia tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

Intihar tidak menjelaskan secara spesifik, bagaimana permainan ini dapat mencegah Spider Man untuk membunuh. Tapi dapat dilihat pada video berdurasi 9 menit itu, bahwa Spidey tidak pernah membuat lawan terbunuh meski dengan cara yang keras sekalipun. Spider Man hanya membuat lawannya terkapar, untuk selanjutnya dia membungkus atau mengikat lawannya dengan jaring laba-laba.

Sekalipun secara tidak sengaja ada lawan ataupun orang lain yang nyaris terbunuh, baik itu terjatuh dari gedung atau dengan cara lainnya. Secara otomatis Spider Man akan melakukan manuver penyelamatan.

Hal ini memang sangat sesuai dengan karakter Spidey yang terdapat pada layar lebar film Marvel, yang selama ini pernah kita saksikan. Dalam semua adegan film, ktia tidak pernah melihat Spider Man membunuh musuhnya, meskipun dia sangat kuat dan mudah untuk membunuh.

Selama ini yang pernah kita lihat, Spidey hanya membuat lawannya terkapar dan tidak berdaya. Selanjutnya dia hanya mengikat musuhnya dengan jaring laba-labanya, agar musuh yang sudah dia lumpuhkan tidak melarikan diri.

Game Spider Man di PS4

Bila dilihat dari video game play berdurasi 9 menit tersebut, dapat dilihat grafis yang sangat menawan dari game konsol itu. Dengan mengusung grafis full HD, Sony menawarkan pengalaman bermain game yang berbeda dari sebelumnya. Karena kualitas grafisnya yang cukup tinggi, dapat membuat pemainnya merasakan game ini jadi lebih nyata.

Sony memang tidak pernah ada matinya dalam bidang console game. Sejak pertama kali mereka mengeluarkan console game PS1 hingga era PS4 sekarang ini, mereka selalu berhasil merebut perhatian para gamers. Mereka juga mampu menghadirkan pengalaman bermain game yang semakin baik dari masa ke masa.