Teknobos
Tech in Touch

5 Fungsi WiFi Pada Smartphone, Yang Jarang Dipakai Penggunanya

Di zaman teknologi maju seperti sekarang ini, WiFi bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Hampir semua pengguna komputer ataupun smartphone, memanfaatkan jaringan internet tanpa kabel tersebut. Baik itu untuk mendownload game, streaming video atau bahkan bermain game online. Fungsi WiFi pada smartphone sendiri tidak sekedar untuk terhubung dengan internet, tapi ada beberapa fungsi lain yang bisa kita gunakan.

Para pengguna smartphone tentu saja sering menggunakan fitur WiFi pada ponsel mereka, untuk bisa mengakses jaringan internet dari pemancar hotspot. Namun banyak pengguna ponsel pintar yang belum mengetahui, fungsi lain dari WiFi pada perangkat android mereka. Oleh karena itu TeknoBos kali ini akan memberitahukan, beberapa fungsi lainnya dari WiFi pada ponsel pintar kita.

Fungsi WiFi Pada smartphone Yang Jarang Digunakan

Biasanya kita memanfaatkan fitur WiFi di ponsel android kita, sekedar untuk berselancar di dunia maya. Padahal saat ini banyak teknologi terbaru diciptakan, yang kemudian diintegrasikan dengan fitur WiFi pada smartphone. Berikut adalah beberapa fungsi lain WiFi di ponsel android kamu:

1. Transfer file dari laptop dan komputer PC

file-transfer-fungsi-wifi-pada-smartphone

Fungsi pertama dari WiFi yang ada pada smartphone adalah, untuk mentrasnfer file dari ponsel ke laptop ataupun PC. Jadi kamu tidak perlu menggunakan kabel data, bila ingin memindahkan data dari hp ke laptop. Untuk bisa menerapkan fungsi ini, kamu bisa mendownload aplikasi Asus File Manager dari Play Store. Bila ponsel dan laptop sudah terhubung dengan jaringan wifi yang sama, kamu tinggal mengetikan alamat yang tertera pada File Manager.

2. Menjadi modem portable

modem-portable-fungsi-wifi-pada-smartphone

Selain untuk menerima sinyal WiFi, smartphone kita juga bisa menjadi pemancar sinyal tersebut atau biasa disebut hotspot. Fitur ini jarang digunakan bagi pengguna ponsel android, karena mereka lebih banyak yang mencari WiFi gratis bukanya memberikan WiFi gratis.

Penggunaan sebagai modem ini biasanya terbatas untuk pribadi saja, tapi harus mengingat sisa kuota paket datanya juga. Jangan sampai kamu asik browsing di laptop menggunakan hotspot dari smartphone sampai kuota habis, dan justru pulsa utama kamu yang tersedot.

3. Mengubah smartphone menjadi keyboard atau mouse

keyboard-mouse-fungsi-wifi-pada-smartphone

Fungsi berikut ini cukup bermanfaat bagi kamu yang punya laptop tapi beberapa tutsnya rusak, kamu tinggal install aplikasi Intel Remote Keyboard pada smartphone dan lapotop atau komputer PC kamu. Selama laptop dan ponsel yang kamu gunakan masih dalam satu jaringan WiFi yang sama, maka kamu bisa menjadikan smartphone milikmu sebagai keyboard dan mouse darurat.

4. Screen mirroring

screen-mirroring-fungsi-wifi-pada-smartphone

Fungsi WiFi pada smartphone satu ini merupakan yang paling keren, kamu bisa melakukan screen mirroring. Sehingga tampilan pada ponselmu bisa ditampilkan ke perangkat lainnya, menggunakan jaringan WiFi yang sama. Jadi lebih memudahkan kamu mengakses ponselmu, melalui laptop atau komputer PC milikmu. Kamu tinggal install aplikasi AirDroid pada smartphone dan menjalankannya, sementara untuk di PC kamu bisa buka browser dan ketikan alamat yang tertera pada aplikasi.

5. Dihubungkan dengan perangkat lainnya

terhubung-dengan-perangkat-lain-fungsi-wifi-pada-smartphone

WiFi juga bisa dijadikan media penghubung antara smartphone dengan perangkat lainnya, seperti smartwatch dan smartband. Tapi yang paling keren adalah ponsel android bisa terhubung dengan OSMO saat merekam video, sehingga hasil videonya bisa sangat maksimal.

perbedaan wifi dan hotspot
Baca juga:
Perbedaan WiFi Dan Hotspot Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Itulah 5 fungsi WiFi pada smartphone yang jarang digunakan oleh pengguna ponsel pintar tersebut, semua fitur tadi tentu saja dapat digunakan untuk memudahkan segala aktifitas kita. Sejauh ini memang kelima fungsi di atas cukup jarang digunakan, tapi tidak menutup kemungkinan akan adanya fungsi lain seiring kemajuan teknologi.