Fungsi USB OTG (On The Go) Untuk Smartphone!

USB OTG atau USB On The Go adalah perlengkapan yang memungkinkan sesama perangkat mobile untuk saling terhubung satu sama lain. Biasanya, perangkat mobile hanya bisa terhubung dengan Laptop, PC atau Mac melalui sebuah USB.

Namun, adanya USB OTG memungkinkan sebuah perangkat untuk saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan hardware pendukung seperti perangkat penyimpanan, Smartphone, keyboard, mouse, atau alat musik pada perangkat Anda.

usb-otg

Sebelum membeli, ada sebaiknya anda mencari tahu dulu apakah perangkat yang Anda miliki mendukung USB ini. Hal ini penting mengingat tidak semua jenis perangkat mobile mendukung USB OTG.

Jika perangkat yang anda miliki telah mendukung USB On The Go, maka Anda perlu membeli kabel USB ini dengan connector yang sesuai pada perangkat anda. Setelah itu, cukup hubungkan hardware yang ingin anda gunakan dengan perangkat.

Fungsi USB OTG (On The Go)

usb-otg

Mengantikan game controller Smartphone

Ternyata USB OTG juga berfungsi sebagai alat control dalm game di smartphone. Bermain game ponsel / tablet dengan menggunakan game controller sungguhan tentunya akan membuat permainan semakin lebih mudah dan seru.

Memindahkan data ke Smartphone, flashdisk atau harddisk eksternal

Hal ini akan mempermudah proses pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot melakukan pemindahan data melalui komputer atau kartu micro SD. Anda juga bisa membuka data yang ada pada penyimpanan eksternal tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu ke ponsel.

Mengubah Smartphone Menjadi PowerBank

Smartphone dengan kapasitas baterai raksasa sudah dipastikan akan awet baterainya. Nah, jika smartphone kamu support USB OTG dan juga memiliki baterai raksasa seperti ASUS ZenFone Max, kamu bisa loh menggunakannya sebagai power bank.

usb-otg

Lumayan kan bisa beramal dengan memberikan daya cadangan pada smartphone orang lain? Uniknya lagi, kamu bukan cuma bisa mengisi ulang smartphone lain, tapi juga mengisi gadget seperti Action Cam hingga MP3 Player.

Menggunakan instrumen musik

Anda bisa menghubungkan perangkat dengan alat musik atau input device seperti MIDI keyboard. Dengan begini Anda bisa bermusik dengan optimal melalui perangkat mobile.

Menggunakan keyboard atau tetikus

Layar touchscreen Anda rusak? USB OTG memungkinkan Anda untuk menggunakan tetikus pada perangkat Anda dengan mudah. Ketika dihubungkan, Anda bisa melihat kursor pada layar. Anda juga bisa menggunakan keyboard untuk mengetik pada perangkat mobile Anda.

usb-otg

Menjadikan Eksternal WebCam

Di eranya smartphone selfie terbaik yang terus bermunculan, eksternal webcam barangkali sudah jadi hal yang langka digunakan. Tapi jika kamu punya webcam nganggur, bisa loh digunakan untuk menginspeksi suatu wilayah sempit dan gelap dengan mudah.

Cukup hubungkan eksternal webcam milikmu via konektor USB OTG, maka kamu siap memantau wilayah-wilayah sempit dan gelap di smartphone menggunakan aplikasi Camerafi.

Menambahkan Memori Ponsel

Jika memiliki flashdisk yang dilengkapi kemampuan USB OTG, kamu bisa langsung menancapkannya pada smartphone. Nah, dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow, kamu bisa menyulap flashdisk jadi memori internal.

usb-otg

jika smartphone kamu tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kamu hubungkan bisa digunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file musik, foto atau video.

Menggunakan Mouse dan Keyboard wireless

Berkat fitur Host Mode, smartphone bisa digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kamu dapat menggunakan mouse wireless dan keyboard agar memudahkan kamu mengoperasikan smartphone.

Membagi Baterai dan Data Antara Smartphone

iPhone 6s kamu kehabisan baterai? Kamu bisa menggunakan ASUS ZenFone Max atau Samsung Galaxy Note 7 untuk berbagi baterai menggunakan USB OTG. Selain berbagi baterai alias menjadikan smartphone kamu sebagai power bank, USB OTG yang terhubung antar-smartphone juga bisa dijadikan media berbagi data seperti foto, video dan file musik.

Menyalakan Lampu Darurat

Memasuki musim hujan, di beberapa kota sangat rawan dengan pemadaman listrik bergilir. Pasti menyebalkan kalo tiba-tiba rumah jadi gelap gulita? Nah, thanks to fungsi unik USB OTG, sekarang kamu nggak akan kegelapan lagi jika menghubungkan lampu LED ke USB OTG. Salah satu jenis mini-LED Light yang bisa kamu beli dan gunakan.

usb-otg

 

Menyalakan Kipas USB

Merasa kegerahan saat menggunakan busway dari kantor menuju rumah? Dengan membeli mini-USB fan yang dijual di berbagai online shop, kamu bisa menyegarkan diri di busway dengan bantuan smartphone. Ya, cukup hubungkan mini-USB fan yang kamu miliki ke konektor OTG, dan rasakan segarnya angin sepoi-sepoi yang dihasilkan.

Membaca Data Menggunakan CardRider

Saat kamu punya banyak foto di SD Card yang kamu gunakan di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer, kamu bisa loh langsung membaca data yang ada di dalamnya menggunakan card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. Jadi sekarang kamu bisa berbagi konten keren kapan dan di mana saja.